Cara Pasang Aplikasi Arduino

Aplikasi Arduino adalah aplikasi untuk memrogram board Arduino yaitu aplikasi IDE (Integrated Development Environment) aplikasi wajib untuk Arduino. Pada bulan Juni 2016 versi terbaru Aplikasi Arduino untuk Windows adalah 1.6.9. Tutorial ini aplikasi di-install pada Windows 7 64 bit.

1.Unduh Aplikasi Arduino di tautan Unduh Arduino.

2. Setelah installer berhasil diunduh lalu eksekusi dengan klik 2 kali pada file unduhan. Lihat gambar berikut ini. Ar1lincenseGambar 1 License Agreement

Klik tombol “I Agree”

Lanjutan tampilan layar berikutnya…

Ar2components

                    Gambar 2 Installation Options

3. Pastikan semua komponen yang dibutuhkan telah terpilih (contreng). Lalu klik tombol “Next”.

Ar3destination

Gambar 3 Installation Folder

4. Pilih folder lokasi instalasi (browse…), jika tidak mengubah lokasi instalasi maka lokasi berada di folder gambar di atas. Kemudian klik tombol “Install”. Jika pada tahap ini ada peringatan Windows Security, contreng tombol “Always trust software from ’Arduino srl’” lalu klik ikon Install.

Ar4completed

Gambar 4 Completed

5. Pesan instalasi komplit dan board Arduino sudah bisa diprogram dengan menyambungkan kabel USB ke komputer.

6. Jika akan menggunakan board WeMos D1 R2 perlu tambahan unduh driver board. Dari menu pojok kiri atas “Berkas” pilih “Preferences ctrl+ comma.

 Ar5Wemos

Gambar 5 Install WeMos Components

7. Kemudian copy paste URL berikut di form Additional Boards Manager URLs…lalu klik OK.

Ar6Wemos

Gambar 6

8. Di aplikasi Arduino, buka Tools > Boards > Boards Manager lalu gulung ke bawah di bagian esp8266 pilih versi verbaru/paling atas lalu klik install. Jika sudah berhasil di-install akan tampil seperti gambar 7 di bawah, status versi ISTALLED.

Ar7Wemos

Gambar 7

Ketika akan mengunggah kode program ke board Arduino Uno atau WeMos D1 R2, sesuaikan jenis board di menu Tools > Boards… pilih jenis perangkat yang sesuai. Setelah aplikasi Arduino dan komponen boards manager yang sesuai telah terpasang, kini kalian dapat mengoprek, mengunggah program ke mikrokontroler.

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka: