KMNR 11 Tahun 2016

Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke 11 Tahun 2016 dilaksanakan di Bogor tanggal 16 April 2016. Para finalis adalah peserta yang telah lolos babak penyisihan dan semifinal dengan nilai terbaik (peringkat tertentu) dari masing-masing kelas (1-11).

Seleksi babak penyisihan dan semifinal dilaksanakan di kota-kota di pulau Jawa, Denpasar, Makassar, dan Padang. Cakupan peserta hampir meliputi wilayah nasional karena ada wakil dari luar pulau Jawa. Dengan metode biaya seikhlasnya jumlah peserta di babak penyisihan sangat banyak, mungkin saja dapat menyaingi jumlah peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN).

KMNR sebagai event  [baca: i-ˈvent, jangan dibaca: i-pen/i-ven 🙄 🙄 ] dengan biaya seikhlasnya, (may be you earn as you pay) dari sisi penyelenggaraan memang belumlah perfect tetapi haruslah didukung dan disempurnakan bersama-sama agar semakin besar dan sempurna serta kita semua merasa ikut memiliki, untuk sarana berkompetisi adik-adik kita nanti. Jika ada yang kurang sempurna bukan utuk diprotes tetapi untuk koreksi disampaikan ke pihak penyelenggara demi perbaikan pelaksanaan di masa depan.

Selain OSN yang diselenggarakan negara, Indonesia mempunyai dua event terbesar (dari jumlah peserta) olimpiade tingkat sekolah dasar yaitu KMNR dan Olimpiade Sains Kuark (OSK). Pelopor KMNR yaitu Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M.Si,  sedangkan konsultan ahli Komik Kuark adalah Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Mereka adalah dua nama populer di dunia pendidikan dan olimpiade di Indonesia. Pembinaan IMSO hingga ke Thailand tahun lalu maupun OSN di Yogyakarta dihadiri Pak Ridwan. Sehingga dengan ikut KMNR kalian akan terbiasa dengan tipe soal-soalnya pak Ridwan.

Komik kuark sebagai referensi soal-soal OSK merupakan majalah bulanan Sains (IPA) terbaik yang beredar Indonesia. Harga Rp 25K per eksemplar “worth it” (bernilai) banget, jadi dengan harga segitu tidak overpriced kalau ditinjau dari kualitas isi majalah. Bahasanya campuran Inggris bro, karena Apta sudah Completer Kumon dan akan menginjak remaja agar nampak gaul gitu lhoh 😛 😛 .

Oh ya… kalau kalian ingin tahan banting dan banyak pengalaman olimpiade, KMNR dan OSK wajib diikuti. Apalagi kalian ingin masuk menjadi peserta terpilih OSN dan IMSO, bidang matematika atau IPA dua olimpiade tersebut sangat bermutu dan mendukung kompetensi siswa. Karena kesempatan menjadi peserta tingkat nasional OSN hanya sekali.

Seleksi OSN Tahun 2016 tingkat Jawa Timur berbeda dari tahun lalu yaitu dari sisi jumlah peserta dan fasilitas. Wakil dari Kabupaten hanya satu peserta IPA dan satu peserta matematika, sedangkan tahun lalu masing-masing tiga peserta. Cara seleksi tahun ini, sangat berat bagi tim Jawa Timur dapat memperoleh medali emas OSN sebanyak tahun sebelumnya dengan alasan distribusi anak-anak pintar (tingkat kepintaran) tidak merata di seluruh kabupaten, tetapi kabupaten/kota tertentu banyak yang pandai sedangkan kabupaten yang lain hanya sedikit yang mampu bersaing di tingkat nasional. Tetapi tahun ini peserta dari tingkat kabupaten menginap di Hotel, sedangkan tahun lalu tidak. Ayo kalian pilih mana 2/6? Menginap di hotel berdua atau berenam teman sekabupaten tetapi menginap di asrama… 😳  😳  😳

Siapa sih peserta OSN SD dari Jawa Timur tahun 2016?

Berikut ini Wakil Provinsi Jawa Timur OSN SD/MI 2016 di Palembang

Bidang Studi Matematika
No Nama Asal Sekolah
1 Rizky Rajendra Ananta Dewa SD Al Hikmah Surabaya
2 Laura Intan Rusdiana SD Al Furqan Jember
3 M. Khibban I’tishom SD Bina Anak Sholeh Tuban
4 Muhammad Lukman Hakim SDN Kampung Dalem Tulung Agung
5 Moch Fariz Rifqi Rizqulloh SDN Kepanjen 2 Jombang
6 Muh Nauval Dwi Affandi SDN Pademawu Barat 2 Pamekasan
Bidang Studi IPA
No Nama Asal Sekolah
1 Aulia Najwa Nurrachmania SD Irada Gresik
2 Ahmad Dzaki Naufal Iman SDIT Al-Ummah Jombang
3 Nashruddin Abid SD Al Hikmah Surabaya
4 Davina Auliarahma Miranti
MIN I Malang
5 Ahmad Muqorrobin SD Al Furqan Jember
6 Aisiyah Rahmadhani SD Muhammadiyah Ponorogo

Daftar nama dan nilai yang Lolos OSN SD 2016 provinsi Jawa Timur download.

Daftar nama dan nilai yang Lolos OSN SD 2016 provinsi Jawa Tengah download.

Update 24 Mei 2016:

Download daftar peraih medali OSN SD tahun 2016 di Palembang. Download Majalah Digital Edisi Khusus OSN Palembang 2016.

Selamat ya atas prestasi kalian sehingga berhasil mewakili provinsi di tingkat nasional. Adik kelas Apta di SD Bina Anak Sholeh Tuban, Ibban mewakili bidang matematika.

Sayang sekali, dua tahun terakhir Apta tidak dapat ikut KMNR karena tahun lalu bertepatan dengan seleksi OSN. Tahun ini larangan dari sekolah, kelas 6 tidak boleh ikut, alasannya jadual ujian sekolah berdekatan dengan jadual final KMNR. . Padahal prestasi di KMNR adalah awal dari prestasi Apta di bidang matematika setelah beralih dari IPA.

Jika tidak ikut KMNR rasanya kurang afdol, keakraban dengan sesama peserta sangat terasa. Tetapi tahun lalu Apta dapat meraih medali di tiga event sudah sangat bangga, satu-satunya siswa yang meraih medali pada tiga olimpiade; nasional dan internasional yaitu: ASMOPS, IMSO, dan OSN.

Untuk menjalin hubungan baik dan keakraban dengan KPM Apta ikut olimpiade lain yang diselenggarakan KPM dan adikku Aqeela Kylafazia yang sekarang di kelas 2 mewakili keluarga ikut KMNR. Sebagai peserta entry level di olimpiade, lumayan lah Aqeela meraih perunggu. Pengalaman berharga untuk modal prestasi yang lebih keren di masa depan. Ketika upacara bendera sekolah nama Aqeela diumumkan meraih medali KMNR, teman-teman Apta, “Wuih pinter nurun Kakaknya”  😀 😀 😀 .

BRONZEAQEELA

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. OMITS 2016
  2. OMITS 2015
  3. KMNR 12 Tahun 2017
  4. SASMO
  5. KMNR 9 Tahun 2014