Completer Kumon

Teman-teman apakah belajar di Kumon? Bila ya, pastinya harapan semua siswa Kumon adalah Completer. Apabila telah dinyatakan Completer artinya kalian telah dinyatakan lulus semua materi yang diajarkan di sekolah jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Dengan demikian akan lebih mudah memahami materi ketika menjalani jenjang pendidikan berikutnya karena telah mempelajari materi yang sama di Kumon.

Ingat Kumon ingat PR, “homework every day”, tiada hari tanpa pekerjaan rumah. Itu lah tantangan belajar di Kumon. Siswa harus mandiri, bekerja keras melawan rasa malas dan bosan, mengalahkan rasa ingin berhenti sebelum Completer. Konsultasi dengan pembimbing Kumon, jika belum bisa mengerjakan PR dapat dilakukan saat les yang frekuensinya 2x seminggu akan menghentikan niat berhenti pada saat menghadapi kesulitan.

Mumpung masih di tingkat Sekolah Dasar belajar di Kumon akan lebih percaya diri daripada nanti di tingkat SMP. Karena ketika tingkat SMP mengerjakan PR di Kumon yang level materinya sama atau lebih rendah dari siswa Kumon yang masih SD atau TK akan malu.

Perbedaan belajar di Kumon dengan bimbingan belajar lain yang jenisnya ada paket belajar Ujian Nasional atau paket sesuai tingkatan kelas adalah siswa Kumon tidak dibedakan berdasarkan tingkatan kelas. Tetapi berdasarkan kemampuan mengerjakan soal sesuai tingkatan level Kumon tidak memandang tingkatan kelas di sekolah. Jadi siswa Kumon adalah bukan siswa yang ketinggalan pelajaran di sekolah yang perlu tambahan bimbingan, mengulang pelajaran di sekolah, tetapi siswa yang ingin tambahan pelajaran lebih dari yang diperoleh di sekolah.

Memang tidak semua siswa Kumon akan memperoleh nilai tertinggi mata pelajaran di kelasnya, atau nilai tertinggi nilai Ujian Nasional, tetapi pastinya siswa Kumon akan lebih mandiri dan percaya diri dibanding siswa yang lain. Karena sudah terbiasa mandiri dan percaya mandiri, menjelang Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional, maka siswa Kumon tidak perlu lagi melakukan ritual-ritual ziarah ke makam, istighosah, apalagi pergi ke paranormal demi suksesnya ujian. Apalagi nilai tertinggi Ujian Nasional belum tentu menjadi gengsi, bahkan mungkin akan dicurigai, maka jangan berambisi “Kok bisa” 😀 .

Pada saat siswa ada banyak kegiatan di sekolah maupun kegiatan yang lain bisa tidak mengambil PR atau bahkan berhenti les. Tetapi wajib membayar biaya les bulanan, kecuali ambil cuti untuk jangka waktu yang lama. Apta pada saat pembinaan ASMOPS, IMSO dan OSN ambil cuti karena tidak sempat lagi mengerjakan PR Kumon. Kemudian les lagi di Kumon untuk meneruskan level terakhir yang dicapai.

Akhir dari les Kumon Apta untuk subjek Bahasa Inggris telah berakhir pada tanggal 22 Maret 2016 lalu karena telah dinyatakan Completer oleh penguji Kumon. Kemampuan Bahasa Inggris memudahkan Apta pada saat mengerjakan soal Olimpade Internasional maupun di masa depan nanti karena buku-buku ilmiah lebih banyak yang ditulis berbahasa Inggris.

Foto di bawah adalah Completer 2014 di Advanced Student Forum Surabaya.

COMPLETER

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Brands Suplemen Makanan Pilihanku
  2. Let’s Go to Singapore with MEC
  3. Pekan Matematika UB 2014
  4. Kumon ASF 2014
  5. Hari Ketiga IMC Singapura