OMITS 2016

Olimpiade Matematika ITS (OMITS) tahun 2016 adalah yang ke-10 atau satu dekade dengan tema, “Mathematics as The Queen of Science“. Pelaksanaan OMITS tahun ini sangat meriah karena ada Gala Dinner di Graha Sawunggaling, yaitu gedung di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya di Jalan Jimerto. Pesertanya pun meningkat dari tahun lalu 9K menjadi lebih dari 10K (10.000) peserta.

Peserta OMITS berasal dari 30 rayon (kota) dari berbagai provinsi dan di antara mereka adalah anak-anak yang ikut di lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian kualitas OMITS telah dipercayai masyarakat. Satu hal yang kurang untuk menjadi olimpiade tingkat internasional, yaitu tidak ada moderasi, diskusi pembahasan atas jawaban peserta dan jawaban menurut dewan juri karena jawabannya adalah uraian.

Bagi Apta ikut lomba-lomba seperti ini untuk mengingat kembali dan latihan matematika, karena jika tidak sering ikut lomba lagi akan lupa. Sering kali lomba-lomba juaranya didominasi oleh sekolah-sekolah di kota besar yang fasilitas pendidikannya bagus dan banyak bimbingan olimpiade yang bermutu, tetapi sekolah dari kota-kota kecil bisa juga menjadi juara, hanya saja harus berjuang lebih keras.

Oh ya, bulan Maret dan April biasanya ada seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Jika kalian dari sekolah swasta harus rajin menanyakan ke Dikbud agar punya kesempatan ikut seleksi OSN. Jika tidak bertanya, kalian mungkin saja tidak akan diundang karena juara OSN merupakan prestasi atau tolok ukur mutu bagi SD Negeri, sedangkan SD swasta merupakan sekolah pesaing. Sangat penting!!! bantuan sekolah dan orang tua untuk ikut mengawasi pelaksanaan seleksi OSN di tingkat kabupaten.

Jika kalian sudah berhasil masuk final OMITS tentu akan mampu mengerjakan soal OSN dan berpeluang terpilih di tingkat provinsi atau kabupaten, tapi masalahnya apakah kalian akan diberi kesempatan? Pada umumnya, soal-soal olimpiade tidak terlalu sulit dicari jawabannya, tetapi mendapatkan kesempatan yang hanya sekali itu yang paling sulit. Faktor lingkungan dan budaya untuk bersaing secara jujur di kota kalian akan sangat mempengaruhi kesempatan menjadi juara OSN.

Satu hal lagi, seleksi International Mathematics and Science Olympiad for Primary School (IMSO) setelah OSN. Jika kalian tidak memantau secara serius, Dikbud mungkin akan menunjuk siswa SD Negeri yang mereka sukai, SD Non Negeri tidak diberi kesempatan lho. Tahun 2015 IMSO di kabupaten kami ditunjuk begitu saja, tidak ada pemberitahuan ke sekolah kami untuk seleksi. Untungnya Apta punya tiket ikut seleksi IMSO karena meraih medali emas OSN, meskipun peraih medali emas bukan jaminan terpilih. Padahal idealnya IMSO dan OSN sekolah mana pun punya hak yang sama karena dibiayai oleh uang negara (uang rakyat pembayar pajak).

Teman-teman, jika kalian sudah menjuarai olimpiade tingkat nasional atau provinsi sebaiknya tidak ikut lomba-lomba tingkat kabupaten, apalagi tingkat kecamatan. Karena untuk memberi kesempatan teman-teman kita yang lain menjadi juara, pengalaman naik panggung mengangkat piala atau dikalungi medali. Sebenarnya tidak ada larangan ikut lomba sih, tapi apakah tidak serakah kalau semua piala diambil?

Kembali ke OMITS 2016, bagi Apta sudah ikut final kedua kalinya. Pertama ikut, meraih Juara harapan 1 dan tahun ini naik satu peringkat di Juara 3. OMITS seru karena nilai gabungan nilai dua peserta atau tim. SD Bina Anak Sholeh Tuban mengirim 3 tim semuanya masuk semifinal dan timku masuk final. Tahun ini Apta satu tim dengan Almas karena Rendy yang dulu satu tim, tahun ini dengan Vavan.
Siapa saja finalisnya? Berikut ini daftar finalis OMITS 2016.

No

Asal Sekolah

Nama Peserta

1SD Kristen Petra 5 SurabayaJonathan SugihartoJoshua Justin P
2SD Marsudirini SemarangEmmanuel Candra S.Kathleen Callista
3SD Islam Athirah 1 MakassarA. Pangeran Maulana IbrahimNovelya Putri Ramadhani
4SDK Tritunggal SemarangEdric Boby Tri RaharjoHaikal Haidar Putra
5SD Kristen Petra 5 SurabayaDominic BryanShane Michael
6ST. Mary Elementary SchoolAndreas Reynad SamsicoKevin William
7SD Xin Zhong SurabayaJessica TheodoraMaximilliano Utomo Quok
8SDK Tritunggal SemarangFederrico hansen B.Jerome Jodie H.
9SD Bina Anak Sholeh TubanAufal Atiqi Almas RoosdiansyahNagata Parama Aptana
10SD Jember Lor 1 JemberAmirah Hardini P.HRafi Jauhari

Pada final OMITS tahun ini setelah mengerjakan soal final di ruangan lalu keluar ruangan dan ada soal kuis yang digabung puzzle. Potongan-potongan puzzle disembunyikan di halaman di lingkungan kampus ITS, di sela-sela bangku, pohon, atau dinding dan peserta berlarian mencari potongan-potongannya hingga tersusun utuh. Setelah tengah hari peserta diajak jalan-jalan wisata Surabaya dan malam harinya menghadiri penganugerahan hadiah uang tunai, medali+trophy.

Foto penyerahan Medali, Goody Bag, dan Trophy bergilir Gubernur Jawa Timur.

JUARA3OMITS

Peringkat 1, 2, 3 adalah Juara 1, 2, 3 sedangkan peringkat 4, 5, 6 Juara Harapan 1, 2, 3. Berikut ini daftar nama juara OMITS 2016.

Peringkat

Asal Sekolah

Nama Peserta

1SD Marsudirini SemarangEmmanuel Candra S.Kathleen Callista
2SDK Tritunggal SemarangEdric Boby Tri RaharjoHaikal Haidar Putra
3SD Bina Anak Sholeh TubanAufal Atiqi Almas RoosdiansyahNagata Parama Aptana
4SD Kristen Petra 5 SurabayaDominic BryanShane N. Tanata Tendy
5ST. Mary Elementary SchoolAndreas Reynad SamsicoKevin William
6SD Islam Athirah 1 MakassarA. Pangeran Maulana IbrahimNovelya Putri Ramadhani

Seperti apa sih soal-soal OMITS?

Berikut ini soal-soal OMITS tahun 2015 dan 2016. Cara mendapat hak akses baca seksama di menu download.

  1. Download Soal OMITS SD 2015 babak Penyisihan, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  2. Download Soal OMITS SD 2015 babak Semifinal, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  3. Download Soal OMITS SD 2015 babak Final, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  4. Download Soal OMITS SD 2016 babak Penyisihan, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  5. Download Soal OMITS SD 2016 babak Semifinal, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  6. Download Soal OMITS SD 2016 babak Final, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive.

Biasakan baca syarat dan ketentuan, jangan asal setiap ada hyperlink download langsung klik.