Peraih Medali IMSO 2015

International Mathematics and Science Olympiad for Primary School (IMSO) 2015 ke 12 di Pathumthani, Thailand diikuti 367 peserta dari 20 Negara yaitu: Cambodia, China, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Korea, Laos, Lebanon, Malaysia, Mongolia, Nepal, Philippines, Singapore, South Africa, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, dan Vietnam. Olimpiade ini diselenggarakan atas kerjasama antar Pemerintah masing-masing negara yang membawa nama negara asalnya. Delegasi Indonesia berangkat didampingi Kemendikbud serta dibiayai oleh Negara. Masing-masing negara mengirim peserta IMSO melalui Kementerian Pendidikan negara yang bersangkutan.

Seperti olimpiade matematika dan sains tingkat internasional yang lain, medali emas, perak, dan perunggu yang diperebutkan berjumlah lebih dari satu serta tidak ada hadiah uang. Hadiah berupa pengakuan kompetensi bidang sains atau matematika, lebih berharga daripada sekedar pemberian materi (uang).

Seleksi IMSO di Indonesia dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional. Indonesia mengirim 24 peserta, terdiri 12 matematika dan 12 Sains ke IMSO 12 di Thailand. Peserta yang dikirim adalah mereka yang terpilih dari seleksi nasional tahap 1-4.

Bagi kalian yang meraih medali perak dan perunggu pada Olimpiade Sains Nasional dapat diundang mengikuti seleksi IMSO langsung ke tahap 2, berbeda dengan peserta yang mengikuti seleksi jalur khusus IMSO yang mulai dari jenjang wilayah kecamatan. Namun, meskipun telah meraih medali emas atau perak kalian tidak ada perlakuan khusus, tidak ada jaminan lolos IMSO jika ternyata nilainya lebih rendah dari peserta lain. Soal-soal IMSO dalam bahasa Inggris, tidak seperti OSN yang berbahasa Indonesia, meskipun peraih medali emas OSN bisa saja tereliminasi di seleksi IMSO.

Jika kalian sekarang kelas 4 atau 5 dan berniat ikut IMSO tahun 2016 untuk latihan dapat membaca soal-soal IMSO maupun materi pembinaan para peserta IMSO tahun ini. Cara mendapatkan terserah kalian, bisa kontak ke peserta yang anda kenal atau ke pembina IMSO. Semakin kalian sulit mendapatkannya semakin tertarik untuk membaca soal tersebut.

Kami semula berniat berbagi soal-soal IMSO dan lebih banyak soal lainnya format pdf melalui menu download. Dari ribuan permintaan download kurang dari 1% yang peduli syarat dan ketentuan download dan mau berbagi ke orang lain. Tahun 2013-2014 semua dapat download tanpa harus berbagi ke orang lain. Ribuan download dari pengunjung tanpa seorang pun yang mau berbagi soal-soal untuk dibagi lagi di situs ini. Tahun 2015 setiap download wajib share ke media sosial. Hasilnya ada satu orang yang telah mengirim soal-soal untuk dibagikan kembali di situs ini. Jika kalian butuh soal-soal IMSO silakan barter, mengirimkan artikel soal-soal matematika atau sains ke kontak kami.

Siapakah nama-nama peraih medali IMSO 2015 dari delegasi Indonesia? Lihat tabel di bawah ini.

Foto sesaat setelah menerima medali pada acara Penghargaan IMSO tanggal 6 Nopember 2015 di Pathumthani Thailand.

IMSO2015MEDALTim Indonesia membawa pulang medali emas, perak, dan perunggu. Kami sangat senang sampai di tanah air karena di Bandara Soekarno Hatta disambut oleh bapak Mendikbud, Anies Baswedan.

IMSOMENTERI

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Prize Giving IMC
  2. Kumon ASF 2014
  3. Motherboard – Komputer Rakitan
  4. IMSO 2015 di Thailand
  5. Oo Es En