Kelengkapan Olimpiade

Ketika ada undangan pembinaan olimpiade dan olimpiade di luar negeri salah satu yang mesti disiapkan adalah baju dan perlengkapan lain. Alat paling penting adalah alat tulis, pensil, ball pen, penghapus, dan penggaris wajib ada. Setelah itu jam tangan juga penting untuk mengatur durasi pengerjaan masing-masing soal serta untuk berjaga-jaga jika di ruangan lomba jam dinding tidak ada atau menunjukkan waktu yang tidak akurat.

Jangka waktu pembinaan atau lomba. Pada umumnya setiap tahap pembinaan atau lomba dilaksanakan dalam waktu seminggu. Dengan demikian perlengkapan, baju, pakaian, perlengkapan mandi, cuci tangan (toiletries) dan sejenisnya disesuaikan dengan kebutuhan seminggu pula. Jika kelebihan barang yang dibawa juga rugi karena repot bawa barang tapi tidak dipakai. Pertanyaannya, “Berapa jumlah barang yang ideal untuk mencukupi kebutuhan tersebut?”

Berdasarkan pengalaman dari beberapa lomba dan pembinaan, kebutuhan minimum per hari satu stel pakaian. Baju ganti untuk malam hari dan baju untuk tidur tidak selalu terpakai sampai acara selesai. Alasannya ketika malam hari kadang-kadang tidak sempat mandi dan ganti baju. Misalkan saat acara pembinaan dimulai jam 08.00 sampai 21.00 yang istirahat sore hari hanya +- 60 menit, 17.30 s.d. 18.30 waktu habis digunakan untuk makan malam dan shalat. Setelah acara selesai pukul 21.00 sampai di kamar sudah ngantuk dan langsung tidur.

Begitu pula ketika IMSO di Thailand, baju ganti tidak semuanya terpakai. Kaos seragam yang paling sering dipakai, dari pagi hingga malam. Adanya jaket juga menyamarkan baju, meskipun tidak ganti baju tidak kelihatan. Lagi pula tujuannya adalah olimpiade, bukan untuk acara foto model, sehingga masalah baju bukan yang utama. Jika kekurangan baju pun dapat beli di sekitar acara olimpiade.

Agar tidak berat, kami memilih baju berbahan tipis dan ringan, bukan berbahan jeans, tetapi jenis bahan parasit atau kaos jersey. Jenis bahan tersebut ringan dan tidak panas ketika dipakai serta tidak gampang kusut.

Kenapa tidak perlu membawa koper yang terlalu berat? Karena acara-acara olimpiade ini peserta mandiri, membawa mendorong kopernya sendiri sampai di konter penyerahan bagasi. Jika terlalu berat kalian akan kekurangan tenaga.

Dulu kami pernah pengalaman teman yang kopernya terlalu berat harus diangkat bertiga ke lantai 2 di hotel Bandara Cengkareng karena untuk penerbangan lanjutan mesti menginap dulu. Hotel tersebut tidak ada eskalator maupun lift, sehingga harus mengangkat bawang bawaan ke kamar masing-masing. Dari pengalamanan tersebut, kami tidak akan membawa koper besar ketika bepergian tanpa pendamping orang tua.

Untuk perjalanan yang tidak didampingi orang tua, ke Pathumthani Thailand dan ke Kuala Lumpur Malaysia bulan Nopember ini, kami membawa koper ukuran sedang. Banyak sekali merk koper di pasaran yang bagus dan kuat. Pilihan kami untuk koper jatuh pada merk Lojel tepatnya tipe Lojel Streamline. Bahannya kuat dan ringan serta model yang keren.

Tipe Streamline cukup untuk kebutuhan perjalanan seminggu bagi anak cowok. Biasanya anak cewek membawa barang bawaan lebih banyak dibanding anak cowok. Bagian bawah digunakan untuk barang saat berangkat, sedangkan bagian atas untuk barang oleh-oleh selama perjalanan. Jika cadangan tempat bagian atas tidak cukup, oleh-oleh dapat dibawa dengan tas lain yang dibawa ke kabin pesawat. Simpulannya, ketika sedang perjalanan untuk lomba jangan bawa barang bawaan terlalu banyak.

ISIKOPER

Barang bawaan di atas ketika akan ke Thailand. Bagian atas diisi dengan barang yang habis di perjalanan. Di antaranya, masker untuk jaga-jaga jika ekspor asap kebakaran hutan kita sampai di sana. Lalu tisu basah, karena dari browsing, toilet di sana mengharuskan kita bawa tisu basah.

Review koper yang baik atau kelebihan merk Lojel di antaranya: dobel resleting (Dual Secure Zipper), berbahan ringan dan kuat, kunci kombinasi angka dan TSA (Combination Lock, TSA® System), empat roda yang kuat dan senyap, dan mampu menahan beban yang berat. Misalkan dibanting selama proses pemindahan di bagasi pesawat, tidak kuatir akan rusak atau lepas rodanya.

KOPERKU

Ukuran koper ini dapat dibawa ke kabin pesawat rute luar negeri maupun domestik asalkan berat barang yang dibawa tidak melebihi ketentuan. Bisa dibawa mode potrait dan landscape. Ada kunci kombinasi angka dan TSA (Transportation Security Administration) sehingga ketika pihak keamanan bandara di Amerika sana yang punya hak untuk membuka koper penumpang pesawat, tidak perlu merusak resleting koper. TSA mempunyai master key untuk membuka gembok-gembok TSA demi keselamatan penerbangan.

Apa kalian punya tips and triks pengalaman perjalanan yang menarik? Silakan berbagi cerita dengan mengirim artikel ke situs ini.

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Hari Ketiga IMC Singapura
  2. Processor – Komputer Rakitan
  3. Gamepad – Komputer Rakitan
  4. Souvenir IMC
  5. Let’s Go to Singapore with MEC