Kegiatan IMSO 2015

Anak-anak yang ikut seleksi, apalagi yang terpilih sebagai delegasi International Mathematics and Science Olympiad for Primary School (IMSO) 2015 di Thailand pasti mengeluarkan banyak energi selama ikut acara tersebut. Mereka yang seleksi dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi serta tingkat nasional tentu saja menempuh jarak yang jauh dari tempat tinggalnya. Agar dapat mengikuti rangkaian acara dibutuhkan stamina yang baik dengan menjaga kesehatan.

Di samping itu agar siswa lebih berpeluang dapat terpilih sebagai peserta IMSO dibutuhkan pengalaman mengerjakan soal-soal olimpiade. Di antaranya dengan ikut kursus kelas singkat pembinaan olimpiade yang ditawarkan oleh lembaga bimbingan belajar khusus olimpiade. Jika di kota tempat tinggal kalian tidak ada kelas bimbingan olimpiade, kalian dapat belajar sendiri soal-soal olimpiade dan diskusi dengan para pembina via email. Apabila kalian sudah menjalin hubungan baik, banyak kok sukarelawan yang mau berbagi materi dan mau mengajari kita.

Oh iya satu hal penting untuk diperhatikan di luar kemampuan akademik, sikap peserta, pendamping, atau orang tua juga harus dijaga. Jangan sampai menunjukkan sikap cari masalah, mengganggu kegiatan karena mungkin saja karakter yang baik akan menjadi pertimbangan untuk memilih siswa. Patuhi aturan yang dibuat oleh panitia seleksi.

Setelah kami pulang dari proses seleksi dan pembinaan, dan kembali ke sekolah harus mengerjakan tugas belajar di sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah yang ditinggalkan selama masa pembinaan serta ikuti ulangan susulan. Belajar harus semakin giat agar tidak ketinggalan pelajaran di sekolah dan selalu mendapat nilai yang baik.
Proses seleksi dan pembinaan tingkat nasional meliputi tahap 1-5, tiap tahap selama seminggu. Pada tahap 4 dan 5 kegiatan semakin banyak, tidak hanya pagi hingga sore, tetapi malam hari juga ada. Tim Nasional wajib menampilkan budaya di acara Cultural Night, sehingga kami berlatih tarian daerah untuk dipentaskan di Thailand. Selama di Thailand, acara juga dari pagi hingga malam.

OPENCEREMPengalaman kami selama ikut pembinaan dan olimpiade, untuk menjaga stamina dengan minum sari pati ayam dan susu. Makanan yang tersedia di hotel memang banyak dan lezat, tapi tidak selalu suka dengan semua jenis makanan yang disediakan. Makan terlalu banyak menyebabkan ngantuk, makan sebaiknya berhenti sebelum kenyang agar tetap sehat.

PARTYKegiatan selama di Thailand, asyik lho. Di luar acara mengerjakan soal-soal olimpiade, kami diajak jalan-jalan, didampingi panitia lokal, pergi ke tempat wisata, jamuan makan bersama, serta acara pentas budaya dari negara peserta. Pengorbanan, rasa capek selama masa pembinaan akan pulih dan segar kembali ketika ikut rangakaian acara-acara yang menyenangkan.

AWARDPengalaman menarik yang lain ketika menerima medali dan berkunjung ke sekolah Indonesia di Bangkok. Peraih medali naik ke panggung dengan bangga membawa bendera negaranya masing-masing. Kalau kalian pintar matematika atau sains, tahun depan ikutlah seleksi IMSO yang akan diselenggarakan di Indonesia. Tunjukkan bahwa kita mampu bersaing dengan anak-anak dari negara lain. Sekian kisah yang dapat kami bagi dengan harapan dapat menambah semangat kepada adik-adik kelas untuk makin giat belajar.

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Hari Keempat IMC Singapura
  2. Peraih Medali IMSO 2015
  3. Olimpiade Matematika Vektor Nasional
  4. Headset – Komputer Rakitan
  5. OSN Math SD JATIM 2015