ASMOPS 2015 di Malaysia

Acara tahunan olimpiade sains dan matematika tingkat Asia atau Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) ke-5 tahun ini diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia. Seleksi Tim Nasional ASMOPS Indonesia dibagi dalam dua tahap. Tahap 1 memilih 60 siswa terbaik terdiri 30 Sains dan 30 Matematika dari 1.011 peserta yang ikut tes. Tahap 2 memilih siswa 8 Sains dan 8 Matematika yang akan menjadi Tim Nasional yang ikut kompetisi ASMOPS 2015 di Malaysia.

Pengalaman ikut seleksi ASMOPS adalah nuansa matematika itu gampang, asyik dan menyenangkan karena seleksinya dilakukan oleh lembaga yang mengenalkan metode matematika Gasing. Materi lomba meliputi soal singkat dan eksplorasi, kelompok peserta individual dan juga tim. Kalau siswa ingin olimpiade dalam suasana (feel) yang lain, suasana menyenangkan ikutlah ASMOPS. Di samping itu siswa dapat menambah teman melalui kenalan sesama peserta dari berbagai negara.

Biaya ASMOPS selama pembinaan dan tiket pesawat PP Jakarta-Kuala Lumpur, hotel serta akomodasi selama di Malaysia ditanggung oleh Surya Institute. Jadi siswa cukup diantar orang tua datang ke lokasi pembinaan dan nanti ketika pulang dijemput di Bandara, orang tua tidak perlu membayar biaya lomba. Sebagai pembanding, lembaga swasta yang lain jika siswa ikut olimpiade di wilayah ASEAN membutuhkan biaya untuk akomodasi, tiket, hotel, biaya pendaftaran lomba dan lain-lain, seluruhnya lebih dari 20 juta rupiah. Semakin jauh lokasi lomba semakin mahal biayanya.

Selama masa pembinaan sampai masa olimpiade selesai siswa akan didampingi oleh panitia Tim Nas ASMOPS, kakak-kakak yang ramah. Jika siswa tidak didampingi orang tua pun tidak masalah. Asyik khan?…

Dari pengalaman kami ikut lomba yang diselenggarakan Surya Institute adalah kepuasan terhadap pelaksanaan dan kepraktisan serta kemudahan prosedur. Selama ini selalu mendapat pengalaman yang menyenangkan. Sekali saja alamat email yang digunakan untuk daftar lomba, maka akan diundang via email untuk lomba-lomba berikutnya.

Bagaimana agar terpilih sebagai Tim Nasional ASMOPS? Pertama, minimum siswa wajib pintar sains atau matematika. Kedua, ikut seleksi tahap 1 ASMOPS ke kota (+- di 6 kota) terdekat dari tempat tinggal siswa. Setelah terpilih sebagai siswa terbaik tahap 2, ikutlah seleksi tahap 2 dengan mematuhi peraturan dari Panitia selama masa karantia.

Selama masa karantina, sikap siswa yang baik dan dapat bekerja sama dalam tim dipertimbangkan sebagai dasar penilaian. Bahkan, sikap orang tua yang intervensi pada aturan dan intervensi panitia akan mendapat nilai negatif, bahkan diskualifikasi. Misalkan, orang tua minta anaknya tidak boleh dicampur dengan peserta lain dalam satu kamar, karena orang tua tersebut kaya-raya, jika menginap di hotel harus bintang lima dengan harga kamar termahal. Aturan selama karantina, orang tua yang ketahuan menginap di hotel yang sama, anaknya akan terancam diskualifikasi. Simpulannya selama masa karantina dan ikut AMOPS siswa harus menjadi anak yang mandiri. Jadi pintar matematika atau sains saja tidak cukup.

Peserta yang lolos ke tahap 2 akan mendapat pembinaan matematika dan sains. Biaya penginapan selama pembinaan dan lain-lain juga dibayar oleh penyelenggara. Jadi siswa cukup datang ke hotel lokasi pembinaan dan setelah selesai dijemput.

Salah satu pertanyaan yang menjadi penasaran calon peserta adalah, soal ASMOPS seperti apa sih? Jika siswa daftar seleksi ASMOPS nanti akan dikirimi contoh soal. Sebenarnya, masalah contoh soal-soal ASMOPS itu gampang diperoleh dari mana saja. Di Google Drive kami banyak soal-soal apapun yang jika diperlukan bisa share ke siapa saja dan kapan saja. Jika anda beruntung dapat download pdf soal-soal ASMOPS di menu download apabila linknya ada. Karena semua yang kita ketahui tidak wajib dibagi kepada orang yang belum dikenal bisa saja belum kami bagikan link-nya. Tapi yang pasti soal ASMOPS babak final dalam bahasa Inggris.

Kami Tim Nasional ASMOPS 2015, tanggal 21 Nopember ini akan berangkat ke Kuala Lumpur. 16 peserta, 8 sains dan 8 matematika akan berusaha meraih medali emas, berusaha mempersembahkan yang terbaik demi negara. Kalau tanggal 6 Nopember 2015 kemarin bendera merah putih maju ke panggung penghargaan di Thailand. Harapan kami tanggal 24 Nopember 2015 di Award Ceremony di Kuala Lumpur, kami akan maju lagi menerima medali membawa bendera merah putih.

Susuan Acara ASMOPS 2015:

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Processor – Komputer Rakitan
  2. VGA – Komputer Rakitan
  3. Let’s Go to Singapore with MEC
  4. RAM – Komputer Rakitan
  5. OSN Math SD JATIM 2015