Keyboard – Komputer Rakitan

Keyboard (papan ketik) adalah komponen untuk input data, untuk memerintah perangkat komputer. Output yang diberikan komputer berupa dokumen yang bisa dilihat di layar monitor dan dicetak oleh printer.

Setiap komputer pasti punya keboard yang dapat berupa keyboard digital layar sentuh maupun keyboard fisik yang bisa dipegang dan diraba. Ada dua jenis keyboard dilihat dari bahan konstruksinya, yaitu keyboard mekanik dan keyboard non mekanik. Keyboard non mekanik dibuat dari membran karet, sedangkan keyboard mekanik menggunakan tut kontak switch berupa per saklar mekanik.

Sebenarnya keyboard mekanik sudah populer tahun 1990-an tetapi karena masih ada kelemahan di suara yang berisik dan biaya produksi mahal, produsen membuat keyboard yang lebih murah yaitu keyboard non mekanik dengan suara yang lebih senyap. Namun kini kelemahan keyboard mekanik yang berisik sudah dikurangi yang sama senyapnya dengan keyboard non mekanik.

Sedangkan biaya produksi keyboard mekanik masih lebih mahal, maka harganya dua kali lebih mahal pula. Keyboard mekanik berkualitas, saat ini hanya diproduksi untuk keyboard kelas premium yang harganya di atas 500 ribu rupiah. Bandingkan dengan harga 500 ribuan, jika dibelikan keyboard non mekanik akan mendapat fitur berlimpah.

Meskipun harga keyboard mekanik lebih mahal, menjadi pilihan konsumen terutama para gamer karena alasan:

  1. Keyboard non mekanik lebih awet dari kerusakan yang dijanjikan switch dapat digunakan hingga lebih dari 50 juta kali;
  2. Suara klik sebagai feedback tut yang ditekan menjadi rasa tersendiri. Feel menggunakan keyboard mekanik sensasinya lain;
  3. Lebih akurat karena menggunakan per saklar mekanik, kecil kemungkinan muncul karakter ganda dengan sekali tekan;
  4. Desainnya keren, fitur LED yang menyala biru dapat digunakan di ruang dengan cahaya kurang terang.

Setelah kami menimbang harga dan fitur yang diberikan oleh keyboard mekanik, pilihan jatuh pada Keyboard E-Blue Mazer Special-OPS XL. Merk E-Blue memang merk baru yang beredar empat tahun terakhir di Indonesia. Kami mengetahui dan mencoba merk E-blue ketika jalan-jalan ke Toko Buku Gunung Agung. Dari pembelian mouse wireless e-blue yang telah digunakan selama dua tahun, masih berfungsi normal. Lalu kami percaya dengan merk tersebut, apalagi dijual di toko buku ternama yang tentu bukanlah produk abal-abal.

E-blue memberikan seri keyboard mekaniknya, mouse, mousepad dengan Mazer, mirip dengan Razer yang memproduksi perangkat game dengan kualitas dan harga premium. Keyboard ini nyaman dipakai untuk main game, misalkan Football Manager dan game lain yang membutuhkan penggunaan keyboard. Ada tombol kombinasi untuk multimedia dan menyalakan LED warna biru. Desainnya juga keren dengan dominasi warna biru hitam, suara tombol tidak berisik.

E-Blue Mazer Special-OPS XL Mechanical Gaming Keyboard

E-Blue Mazer OPS XL

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Olimpiade Matematika Vektor Nasional
  2. ASMOPS 2015 di Malaysia
  3. Tim Nasional ASMOPS 2015
  4. Gamepad – Komputer Rakitan
  5. IMSO 2015 di Thailand