PSU – Komputer Rakitan

Power Supply Unit (PSU) adalah komponen paling utama yang meneruskan pasokan listrik dalam sebuah komputer. Tanpa PSU komputer tidak bisa digunakan karena fungsi PSU sebagai pemasok daya listrik. Kualitas PSU kan mempengaruhi keawetan dan kinerja komputer. Jika kurang bagus, misalkan aliran listrik yang dikeluarkan tidak stabil, akan merusak komponen-komponen komputer lain. Sedangkan jika tidak mampu memberikan output listrik yang cukup, komputer tidak akan hidup atau restart berulang kali. Begitulah pentingnya memilih PSU yang baik.

Banyak sekali merk PSU yang beredar di pasaran. Merk-merk yang menjual tipe produk dengan harga mahal misalkan Cooler Master, Corsair, FSP, Seasonic, dan Thermaltake memang berkualitas baik. Tetapi merk-merk yang menjual produk dengan harga murah dan populer di pasaran misalkan Dazumba dan Simbada juga tidak kalah handal, bahkan berani memberi garansi lifetime untuk produknya.

Hitung kebutuhan daya listrik komputer rakitan sangat tergantung oleh banyaknya jumlah perangkat yang terhubung ke motherboard. Kurang lebihnya jumlah semua komponen: Motherboard 75W, Prosesor 75-150W, VGA, 75W (6 pin) dan 150W (8pin), HDD 5-10W per buah, SSD 2W per buah, DVD 10W per buah, dan fan 3-5W per buah. Misalkan total semuanya 550W harus mampu dipenuhi oleh PSU yang lebih dari 550W.

Kenapa harus dicadangkan daya melebihi kebutuhan maksimum PSU. Karena PSU 550W sebenarnya tidak mengeluarkan daya murni 550W. Daya maksimum yang dikeluarkan PSU tergantung tingkat efisiensi yang disertifikasi oleh Ecos Consulting yang ditunjukkan oleh logo 80+, yang terdiri dari 80+, 80+ Silver, 80+ gold, 80+ patinum, dan 80+ titatium. 80+ Titanium adalah versi yang paling efisien, hemat listrik dan outputnya semakin mendekati angka yang tertulis di PSU.

Pada rakitan ini kami memakai, merk lokal yaitu Muscle Power Thor 760W dengan efisiensi 90%, sertifikat 80 plus Gold Certified, Full Modular, Full Range, garansi 5 tahun. Pada kotak PSU tertulis merk Seasonic yang kami duga, sebenarnya isinya juga merk Seasonic tetapi versi OEM atau re-branding agar dapat dijual murah. Seri Thor ini mumpuni untuk memasok daya dengan stabil. Sayangnya, tidak ada bonus palu Thor pada paket penjualan seperti di film The Avengers.

Meskipun daya PSU Thor ini tertulis 760W, bukan berarti menyerap daya listrik rumah sebesar 760W tetapi angka itu merupakan daya maksimum output. Dengan demikian, tidak usah kuatir jika daya listrik rumah hanya 900W karena tidak akan digunakan oleh Thor sebesar 760W.

Salah satu alasan pilihan merk Muscle Power Thor karena harga yang murah untuk produk sejenis adalah manajeman kabel yang sudah full modular. Kabel full modular biasanya hanya di produk PSU yang mahal. Tipe kabel full modular, tampilan kabel dalam casing akan rebih rapi karena kabel yang tidak digunakan tidak usah dipasang, dibongkar lepas dari body PSU.

Power Supply Unit Muscle Power Thor

Power Supply Unit Muscle Power Thor

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Petunjuk Pelaksanaan OSN 2018
  2. Gamepad – Komputer Rakitan
  3. Pekan Matematika UB 2014
  4. Tim Nasional ASMOPS 2015
  5. HDD dan SSD – Komputer Rakitan