Motherboard – Komputer Rakitan

Motherboard atau mainboard adalah papan induk berupa Printed Circuit Board (PCB) tempat menancap semua komponen perangkat keras yang saling terhubung. Di samping itu di motherboard ada chipset yang fungsinya menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras sehingga komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Komponen yang terhubung dalam motherboard di antaranya hard disk, kartu grafis, keyboard, memory (RAM), mouse, Power Supply Unit (PSU), printer, prosesor, dan lain-lain. Papan motherborad ini terletak di dalam casing.

Pemasangan komponen pada motherboard sangat mudah sekali, disertakan buku petunjuk yang bergambar. Sangat kecil kemungkinan salah pasang, jika salah tidak akan masuk pada slot di motherboard. Hanya tancap-tancap begitu saja. Dalam merakit komputer ini kami bedah komputer lama, dibawa ke teras rumah yang sebagian komponen akan dipasang pada komputer rakitan baru.

Motherboard menurut kami adalah bagian paling penting pada komputer yang harus diperhatikan. Jika motherboard rusak maka komputer tidak dapat digunakan sama sekali. Dalam memilih motherboard sebaiknya paling diutamakan dari sisi alokasi harga, karena sangat mempengaruhi sebuah kinerja dari komputer secara keseluruhan. Idealnya, jika dipersentase tiga komponen utama motherboard, prosesor dan VGA selisih tidak terlalu banyak. Misalkan 30%, 40% dan 30%. Tapi tergantung kebutuhan juga apabila menghendaki komputer buat game, VGA bisa dibuat menjadi komponen paling mahal di antara yang lain.

Pengelompokkan motherboard yang beredar di pasaran dalam tiga kategori entry-level, mid-end, dan high-end mulai dari termurah untuk entry-level hingga termahal untuk high-end. Sebenarnya kurang cocok, alasan orang membeli motherboard tergantung kebutuhan. Bisa jadi orang yang baru mengenal komputer membeli motherboard yang mahal dan sebaliknya orang yang sudah mahir membeli motherboard yang murah disesuaikan kebutuhan. Hanya saja komponen lain yang dipasang disesuaikan dengan kemampuan motherboard. Jangan sampai prosesor yang kinerjanya bagus dipasangkan pada motherboard yang kurang bagus karena kinerja prosesor tidak akan optimal, bahkan mubadzir.

Salah satu komponen motherboard yang wajib diperhatikan adalah chipset. Jenis chipset menentukan kemampuan motherboard secara keseluruhan. Termasuk kemampuan banyaknya fitur dan tambahan komponen lain yang bisa didukung serta kompatibilitas upgrade komponen di masa depan ditentukan oleh jenis chipset. Pada komputer rakitan ini kami memilih chipset AMD® 990FX untuk prosesornya AMD. Jenis chipset populer lain adalah merk intel.

Sebelum membeli motherboard harus menentukan juga pilihan jenis prosesornya, AMD atau Intel karena motherboard tersebut tidak bisa saling menukar prosesor. Prosesor AMD tidak bisa dipasang pada motherboard berbasis chipset Intel dan sebaliknya. Beda halnya dengan RAM dan VGA bisa dipasang pada kedua jenis motherboard yang berbeda prosesor.

Pada keterangan spesifikasi motherboard biasanya dijelaskan komponen-komponen di dalamnya. Di antaranya kualitas PCB ada berapa layer, ketahanan PCB menerima tekanan maupun panas, merk kapasitor, BIOS, kondensator, banyaknya port dan versi USB, dan lain sebagainya.

Motherboard seri kelas menengah dari produk-produk merk populer, misalkan Asus, MSI, ASRock, Gigabyte, dan Intel pada umumnya sudah menggunakan komponen berkualitas nomor 1. Paling gampang memilih, semakin mahal harga motherboard semakin baik kualitas komponen, kinerjanya, dan fitur yang ditawarkan. Jadi cukup dengan menyesuaikan anggaran di bawah 2 juta, 2-3 juta atau di atas 3 juta untuk membeli motherboard dari merk-merk populer di atas. Semua merk menyediakan tipe dari kelas murah hingga mahal.

Prosesor yang akan dipasang harus disesuaikan dengan tipe soket motherboard. Jika tidak sesuai maka tidak bisa dipasang karena jumlah kaki (pin) prosesor tidak cocok dengan lubang yang ada pada motherboard. Contoh pada rakitan ini motherboard cocok dengan prosesor soket AM3/AM3+.

Motherboard yang kami pilih adalah motherboard MSI 990FXA Gaming yang fiturnya lumayan lengkap dan sudah mendukung USB 3.1 (2 port) yang kecepatannya 20x lebih cepat dari USB 2.0 sebanyak (14 port) serta USB 3.0 (2 port). Motherboard ini mendukung RAM DDR3 1866 sebanyak 4 slot, 3x PCI Ex 16, PCI dan 2x PCI-Ex1. Komponen yang digunakan juga berkualitas bagus sehingga produsen berani memberi garansi 3 tahun. Pastinya merk MSI ini tidak akan mengecewakan jika digunakan untuk Gaming apalagi membuat film animasi.

MSI 990FXA Gaming

MSI 990FXA Gaming

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Siswa Prestasi
  2. Processor – Komputer Rakitan
  3. Completer Kumon
  4. Oo Es En
  5. Lomba