HDD dan SSD – Komputer Rakitan

Hard Disk/harddisk (cakram keras) atau Hard Disk Drive (HDD) adalah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder, berisi piringan magnetis (platter) yang berputar pada 5.400 – 7.200 rpm (rotation per minute) atau berputar lebih cepat untuk HDD server. Fungsi harddisk untuk media penyimpanan data secara permanen, tidak hilang ketika komputer dimatikan, beda dengan memori (RAM) yang menyimpan data sementara.

Harddisk digunakan untuk menyimpan banyak informasi tentang pengaturan perangkat keras dan perangkat lunak sistem operasi komputer itu sendiri, file foto, video, dan dokumen lainnnya. Harddisk yang semakin cepat membaca dan menulis data di piringan magnetis, akan menambah kinerja komputer. Apabila semakin cepat menyajikan informasi untuk dikirim ke memori RAM, maka kecepatan loading aplikasi juga kan meningkat.

Peran harddisk kini tergantikan oleh SSD (Solid-state drive). SSD tidak memiliki mekanik yang harus bergerak ketika menulis dan membaca data menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data. SSD lebih tahan banting, lebih awet dari kerusakan dibanding HDD.

Sayangnya, SSD harganya lebih mahal dari HDD. Semakin cepat baca dan tulis dan semakin besar kapasitas SSD, semakin mahal harganya. Sebagai perbandingan, SSD termurah dengan kapasitas 1/4 HDD harganya 2x harga HDD. Namun, kecepatan baca dan tulis SSD tersebut lebih cepat 4x HDD. Manfaatnya ketika membuka aplikasi program yang dipasang di SSD, komputer akan menyajikan lebih cepat di layar monitor. Umur teknis SSD lebih panjang dari umur HDD dan lebih hemat energi pula.

Karena mahal per GB-nya SSD, maka akan lebih ekonomis jika untuk tempat penyimpanan aplikasi saja, sedangkan untuk penyimpanan data tetap di HDD. Produk teknologi akan semakin lama semakin murah ketika produksi massal, di masa depan kelebihan SSD pasti akan menggantikan HDD.

Pada komputer rakitan kami, aplikasi dipasang pada SSD Patriot Blaze 240GB. Patriot ini merk Amerika dan Blaze merupakan tipe paling ekonomis dibanding merk dan tipe yang lain, namun dapat memberikan pengalaman loading aplikasi komputer yang cepat dengan anggaran murah. Pemakaian SSD terasa cepat sekali ketika komputer booting dan loading membuka aplikasi maupun transfer data, copy file dari SSD ke media lainnya.

HDD dan SSD ( Western Digital 2x 1TB dan Patriot Blaze 240GB)

SSD dan HDD

SSD dan HDD

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Kumon ASF 2014
  2. VGA – Komputer Rakitan
  3. Mouse – Komputer Rakitan
  4. Completer Kumon
  5. Lomba