Casing – Komputer Rakitan

Komputer rakitan adalah komputer yang dirakit dengan membeli bagian komponen-komponen kemudian dipasang (dirakit) menjadi sebuah komputer yang berfungsi seutuhnya. Komputer rakitan ini tidak dibuat oleh pabrik seperti halnya komputer built-up sehingga tidak ada merk-nya. Contoh komputer built-up adalah merk Acer, Dell, Fujitsu, Lenovo, HP, Toshiba, Zyrex, dan lain-lain.

Komponen komputer rakitan dari bermacam-macam merk, tergantung selera, dan rencana belanja dari perakitnya. Harga sebuah komputer rakitan dengan spesifikasi sama dengan komputer built-up tentu lebih murah karena tidak ada jaminan layanan purna jual, garansi jika terjadi kerusakan, dan harga dari merk itu sendiri. Akan tetapi garansi komputer rakitan diberikan oleh masing-masing merk komponen yang dipasang di dalamnya. Merk-merk komponen pada umumnya memberikan garansi 3 tahun, bahkan ada yang memberikan garansi selamanya (lifetime).

Lalu apa alasan memilih komputer rakitan daripada komputer built-up? Alasan utama adalah fleksibilitas. Perakit komputer rakitan lebih leluasa memilih kualitas dan harga komponen dan kemampuan komputer bisa ditingkatkan (upgrade) sesuai keinginan dan kemampuan kantong. Semakin besar anggaran semakin banyak pilihan produk berkualitas. Sedangkan komputer built-up pada umumnya tidak mudah di-upgrade karena keterbatasan kotak ruang di casing-nya.

Apta sudah lama memakai komputer rakitan. Pada pertengahan Agustus ketika sedang digunakan membuat konsep film animasi untuk final lomba siswa berprestasi tingkat kabupaten, tiba-tiba mengalami kerusakan. Maklumlah umurnya lebih dari 3 tahun. Sedangkan Laptop yang seumuran komputer rakitan, baterainya juga sudah lemah, hanya tahan 30 menit saja. Karena untuk persiapan lomba siswa berprestasi tingkat provinsi tanggal 1-4 September 2015 di Batu, Apta mewakili Kabupaten Tuban, merencakan presentasi keterampilan membuat film animasi, kami sekeluarga merakit komputer lama dan membeli baterai Laptop.

Pada babak final siswa berprestasi yang diuji semua mata pelajaran dan keterampilan, serta wawancara, tingkat kabupaten, Apta membuat film animasi pendek dengan skenario pemandangan laut ketika matahari terbenam. Bagian-bagian gambar di antaranya, awan merah yang bergerak ke sisi kiri, matahari yang bergerak ke bawah, perahu yang bergerak ke kanan, dan ombak yang naik-turun. Waktu yang diberikan panitia 3 jam, mulai dari awal gambar tidak boleh dibuat lebih dulu hingga gambar jadi, termasuk menjelaskan cara membuat dan maksud filmnya kepada dewan juri.

Pada tanggal 16 Agustus 2015 Apta bersama Adik dan Ayah pergi ke Hi-Tech Mall Surabaya yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa no 116-118 untuk merakit kembali komputer lama yang rusak. Hi-Tech Mall atau yang disebut juga THR Mall adalah tempat belanja produk teknologi informasi terlengkap di Jawa Timur. Segala merk komponen komputer tersedia di sana dengan harga yang relatif murah dibanding dengan tempat lain.

Contoh-contoh produk dipajang di etalase toko, jika tidak dipajang, pembeli bisa menanyakan barang, lalu pemilik toko akan menelepon ke distributor (vendor) yang letaknya di Mall itu juga. Dalam beberapa menit barang yang dipesan sudah di depan mata. Itulah kelebihan belanja di Hi-Tech Mall sebagai Mall terlengkap komponen komputer maupun perangkat teknologi. Ponsel, Tablet, Laptop dari berbagai macam merk juga tersedia di sana.

Pertama kali yang kami beli adalah komponen kotak untuk memasang komponen (Casing). Casing ibarat kita membeli tanah kavling untuk membangun rumah. Ukuran dan harga disesuaikan dengan komponen yang akan masuk di dalamnya. Casing mengalami pembaruan tata letak sejak beberapa tahun yang lalu. Tata letak casing lama tidak cocok sepenuhnya dengan desain Motherboard zaman sekarang. Komputer rakitan yang akan kami buat untuk keperluan main game dan membuat film animasi.

Casing yang baik dirancang dan didesain oleh Engineer dengan memperhatikan dan mempertimbangkan secara detil segala aspek; estetika, fungsi perlindungan komponen di dalamnya, dan lain sebagainya. Casing bukan hanya kotak semata yang sering diabaikan karena letaknya di bawah meja. Bahkan ada yang dibiarkan terbuka penutupnya, dan bagian-bagian tertentu tidak dipasang. Padahal setiap bagian oleh perancangnya dibuat dengan cermat dan punya fungsi yang penting.

Setelah kami melihat-lihat Casing yang dipajang di etalase, pilihan jatuh pada merk Corsair Obsidian 450D. Untuk merk Corsair, tipe tersebut tergolong murah, tetapi lebih mahal dari merk casing yang lama yaitu Azza yang sama-sama merk Amerika. Ukurannya sedang, dengan tata letak kabel yang rapi dan alur fan untuk pendinginan yang bagus. Dari casing tersebut. kami mempelajari bagaimana para insinyur begitu detil menciptakan produk tersebut menjadi sempurna.

Jumlah fan disediakan tempat di bagian atas 3×120 mm atau 2x140mm (opsional), bagian belakang 1×120 mm (terpasang), bagian depan 2x140mm (terpasang) atau 2x120mm, dan bagian bawah 2x120mm (opsional). Pemasangan fan dirancang bagian depan untuk menyalurkan udara masuk sedang bagian atas, bawah, dan belakang untuk menghisap udara panas keluar casing. Tingkat kebisingan fan juga sangat rendah jika dipasangi fan merk Corsair semua.

Casing ini juga cocok untuk dipasangi pendingin bebasis air dengan radiator di atas, bawah, belakang atau depan. Slot untuk Drive Case DVD ada 2x 5,25 inci, HDD combo 3×3,5 atau 3×2,5 inci, dan slot untuk SSD 2×2,5 inci. Menariknya tempat untuk Solid State Drive (SSD) di bagian belakang motherboard sehingga tidak tampak dari depan (foto di bawah). Bagian depan disediakan konektor headphone, microphone, dan 3 x USB 3.0.

Di setiap bagian pinggir motherboard disediakan lubang untuk kabel, sehingga kabel tidak tampak semrawut dilihat dari depan. Untaian kabel tersembunyi di bagian belakang motherboard.

Di bagian depan, atas, dan bawah terdapat kasa untuk penyaring agar benda berukuran tertentu tidak masuk tersedot ke dalam casing. Kasa mudah dibongkar pasang karena direkatkan dengan magnet agar menempel kuat di casing.

Nah teman-teman jika berniat merakit komputer sekalian belajar lho, untuk mengetahui bagaimana masing-masing komponen komputer bekerja. Lagi pula kita bisa berkreasi merakit komputer sesuai kebutuhan kita.

Corsair Obsidian 450D

Casing Corsair Obsidian 450D

Setelah semua komponen terpasang.

PC GAME

PC GAME

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. OSN Math SD JATIM 2015
  2. Hari Keempat IMC Singapura
  3. Umur Berapa Sebaiknya Ikut Lomba?
  4. Mouse – Komputer Rakitan
  5. OSN SD 2016 di Palembang