OMITS 2015

Salah satu acara Olimpiade Matematika yang ditunggu-tunggu anak-anak SD, SMP, dan SMA seindonesia adalah Olimpiade Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2015 (OMITS). Peserta OMITS meningkat dari 8000-an tahun 2014 menjadi 9.464 peserta tahun 2015 yang tiap tim terdiri dua peserta sehingga terdiri dari 4.732 tim berasal dari seluruh wilayah Nusantara.

Tim yang lolos ke babak semifinal untuk masing-masing jenjang SD, SMP dan SMA adalah juara 1 dari masing-masing regional (29 regional) dan 25 tim peringkat tertinggi nasional (juara 1 setiap regional dan peserta regional web tidak termasuk dalam peringkat nasional). Regional dengan jumlah peserta 100 tim tiap jenjang diambil 1 tim berlaku kelipatan. Sedangkan Tim yang lolos ke babak final untuk masing-masing jenjang SD, SMP dan SMA adalah 10 tim dengan nilai tertinggi. Kemudian dari para juara diambil enam tim nilai tertinggi dari 10 tim di babak final, yaitu juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2.3.

Nilai di babak penyisihan dan semifinal merupakan nilai gabungan dari dua peserta yang masing-masing mengerjakan soal yang sama namun dikerjakan sendiri-sendiri lalu nilainya digabung. Tetapi di babak final soal dikerjakan bersama oleh dua peserta, nilai dari setiap peserta tidak dirinci.

Alasan mengapa wajib ikut OMITS:

  1. OMITS Olimpiade tingkat nasional yang bergengsi, berkualitas, dan berintegritas. Peserta OMITS pada umumnya juga menjadi peserta olimpiade tingkat nasional sejenis. Persaingan seru antar peserta di babak semifinal karena di antara mereka pernah bertemu di lomba-lomba yang lain;
  2. Peserta OMITS yang menjuarai rayon, semifinal, maupun final adalah nama-nama yang pernah juara di Olimpiade yang lain.
  3. Hak dan kesempatan semua peserta OMITS sama, untuk menjadi juara. Siapa saja boleh ikut dengan hak dan kesempatan yang sama. OMITS adalah lomba kepandaian matematika yang sesungguhnya;
  4. Karena persaingan di antara peserta OMITS terbuka, jujur, dan transparan maka mereka yang menang adalah mereka yang benar-benar pintar matematika. Kesempatan bagi siswa dari manapun yang tidak diberi kesempatan menunjukkan prestasi di wilayahnya untuk menunjukkan di OMITS;
  5. Acara OMITS asyik dan menyenangkan. Peserta semifinalis dan finalis maupun pendamping mendapat fasilitas gratis penginapan, makan dan minuman, serta antar-jemput ke Bandara atau Terminal dari Kampus ITS. Pelayanan kakak-kakak mahasiswa baik sekali;
  6. Finalis OMITS tingkat SD mendapat pengalaman Surabaya City Tour gratis setelah mengerjakan soal babak final. Hadiah uang, medali, piala dan goody bag berisi souvenir menarik.

 Pengalaman OMITS 2015.

Pengalaman OMITS tahun 2015 bagi Apta adalah kebanggaan karena menjadi juara rayon yang mampu meraih nilai tertinggi dari peserta di wilayah kabupaten yang konon banyak sekolah dianggap favorit, konon banyak muridnya yang pandai. Meskipun saat ini Apta kelas 5 telah mengungguli peserta dari kelas 6 di lingkup rayon, asalkan tidak dicurangi. Memang sepandai-sepandai siswa akan kalah dengan penguasa yang curang.

Prestasi di OMITS ini meskipun tidak menjadi juara pertama, tetapi diposting agar suatu saat, ada orang yang membaca, para guru, para kepala sekolah, para pejabat wilayah setempat, anak dan cucu mereka kelak membaca catatan ini. Bahwa ketika saluran prestasi ditutup jalannya untuk aktualisasi diri, masih banyak jalan lain untuk menunjukkan prestasi tanpa berbuat curang.

Saingan terberat Apta di setiap lomba matematika tingkat nasional yaitu Aaron Alvarado Tristanto J. dan Nicholas Patrick saat ini sudah kelas 6 yang tahun depan lomba tingkat SMP. Kami sangat sering bertemu di lomba matematika tingkat nasional, bahkan baru kali ini di OMITS 2015 Apta secara individu mampu meraih nilai di atas Aaron yaitu (64-61).

Teman-teman yang akan ikut OMITS tahun 2016, kami bagi soal-soal OMITS.

  1. Download Soal OMITS SD 2011 babak Semifinal, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  2. Download Soal OMITS SD 2012 babak Penyisihan, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  3. Download Soal OMITS SD 2012 babak Semifinal, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  4. Download Soal OMITS SD 2013 babak Penyisihan, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  5. Download Soal OMITS SD 2013 babak Semifinal, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive. Soal-soal tahun 2014 dan 2015 upload menyusul ya…

Berikut ini daftar pemenang OMITS 2015 tingkat SD.

Foto OMITS 2015

OMITS2015Foto atas acara penyerahan hadiah dan piala. Kiri bawah registrasi peserta semifinal dan kanan bawah foto para finalis OMITS tingkat SD.

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. KMNR 12 Tahun 2017
  2. IMAS 2014
  3. Hasil American Mathematics Competition-8 2014
  4. Olimpiade Matematika Tingkat Nasional Terbaik
  5. Tahapan Seleksi IMSO 2015