Hasil American Mathematics Competition-8 2014

Pada hari Rabu tanggal 18 Nopember 2014 dilaksanakan American Mathematics Competition di beberapa kota besar di Indonesia yang juga dilaksanakan di berbagai negara yang pesertanya kelas 8 dan di bawahnya. Apta ikut wilayah Surabaya lokasi tes di IPH East School. Tujuan mengikuti lomba AMC 8 adalah agar dapat diketahui tingkat kemampuan dan perkembangan belajar bidang matematika sesungguhnya di antara sekolah-sekolah lain di dunia. Maklum sekolah Apta terletak di kota kecil di pesisir utara Pulau Jawa, namun ingin kemampuan yang sejajar dengan kemampuan anak-anak di kota-kota besar di Amerika dan Eropa yang fasilitas sekolahnya lebih bagus dan lengkap.

AMC 8 dilaksanakan serentak di banyak negara dengan total peserta mencapai ratusan ribu yang soalnya dalam bahasa Inggris. Peserta dari seluruh dunia dan masing-masing negara di-ranking peringkatnya berdasarkan skor jawaban yang benar dari 25 soal. Prestasi Apta di peringkat dunia termasuk dalam daftar Honor Roll yaitu 5% peserta yang nilainya lebih dari 19 yaitu sejumlah 4593 peserta. Jika di antara peserta yang meraih honor roll diambil kelas 5, maka peringkat Apta nomor 22 terbaik dunia dari 76 peserta. Sedangkan jika dalam lingkup penyelenggara Surya Institute (Indonesia) dengan nilai 21 berhasil meraih penghargaan peringkat 2 (Silver) Honor Roll dan Achievement Roll (all countries). Perbaikan peringkat (21 jawaban benar dan 4 salah) dari tahun sebelumnya ketika saat itu masih di kelas 4 mendapat Bronze. Targetnya nanti di kelas 7 meraih Perfect Score (jawaban 25 soal benar semua).

Berikut daftar kelas 5 dari berbagai negara di dunia yang mendapat Honor Roll.

Mengapa perlu ikut lomba AMC?

AMC ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan bidang matematika yang sesungguhnya di tingkat dunia. Karena ketika mengerjakan soal-soal AMC tanpa campur tangan orang tua, guru, dan pihak manapun. Penyelenggara lomba sebagai pemegang lisensi AMC di Indonesia adalah lembaga yang independen yang tidak dipengaruhi oleh guru sekolah kita, para pejabat Dikbud, atau pihak lainnya. Sehingga tidak perlu kuatir soalnya bocor atau dibocorkan oleh oknum yang ingin sekolahnya ingin “berprestasi” dengan cara curang.

Kalian tentu pernah mengalami, ikut seleksi lomba olimpiade matematika tingkat nasional yang soal-soal dan jawaban dibocorkan oleh oknum tertentu agar sekolah tertentu yang dapat ikut. Hari gini banyak lomba-lomba yang berkualitas dan jujur di tingkat nasional maupun internasional yang dapat kita ikuti. Jadi tidak usah kecil hati jika tidak lolos seleksi lomba di tingkat lokal.

Pengelompokan peringkat – Local Category AMC 8 (2014)

G = section 1st place (gold)
S = section 2nd place (silver)
B = section 3rd place (bronze)
W = winner
D = distinction 1%, score >= 23
H = honor roll 5%, score >= 19
M = achievement roll, 6th grade or below and score >= 15

Tautan Peraih penghargaan World Honor Roll [Unduh] dan tautan Peraih penghargaan World Achievement Roll [Unduh] yang sumber dari Mathematical Association of America (MAA) namun telah di-generate dalam format MS Excel.

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Kangaroo Contest
  2. Kompetisi GASING 2014
  3. OMITS 2015
  4. Peraih Prize AMC 2014
  5. KMNR 11 Tahun 2016