Kompetisi GASING 2014

Sabtu, 29 Nopember 2014, Apta di Surya University Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Banten, mengikuti final Kompetisi Matematika GASING (GAmpang, aSyIk dan menyenaNGkan). Kompetisi GASING diselenggarakan dalam tiga babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan dan semifinal soal-soal dikerjakan secara online dan real time melalui jaringan internet pada bulan Oktober dan awal Nopember. Setelah jawaban dikirim (submit) beberapa detik kemudian sistem penilaian akan memberitahukan jawaban yang benar, nilai, dan lama pengerjaan. Asyik khan?

Apta mengikuti kategori matematika kelas 5 SD karena memang saat ini kelas 5 SD. Pada kompetisi ini peserta dapat mengikuti kelas di atasnya. Contohnya tahun ini kelas 6 tidak ada lomba matematika tetapi kelas 6 bisa mengikuti tingkat SMP. Contohnya Stanve Avrilium Widjaja yang bulan September lalu bertemu Apta di Semifinal Pekan Matematika Universitas Brawijaya kali ini juara I lomba matematika GASING kategori SMP. Dia hebat sekali.

Di masa sekarang kita dapat berprestasi dari lomba yang lebih banyak dengan adanya internet. Contohnya Kompetisi Gasing ini bisa diikuti oleh siswa dari mana saja, dari seluruh wilayah Indonesia, tidak dibatasi oleh wilayah. Asal ada komputer atau perangkat lain yang punya koneksi internet. Jadi kita dapat mengerjakan dari rumah kapan saja selama periode babak penyisihan atau semifinal. Syaratnya juga mudah, mengisi form pendaftaran, tidak perlu surat keterangan yang macam-macam, juga tidak perlu ijin dari sekolah kita. Asyik banget bukan?

Di lomba ini kita juga melatih kejujuran dengan mengerjakan sendiri soal-soal tanpa bantuan orang lain. Sebenarnya bisa curang dengan meminta bantuan orang lain, toh komputer yang kita hadapi juga tidak tahu. Tetapi buat apa mendapatkan sesuatu dengan cara yang tidak jujur? Apabila tidak jujur nanti di babak final akan kalah juga karena di babak final diselenggarakan secara offline di ruangan yang diawasi oleh panitia dan tidak boleh meminta bantuan kepada orang lain.

Penyelenggaraan lomba melalui internet membuat kita dapat kesempatan berhadapan langsung dengan teman-teman kita dari kota lain secara jujur, terbuka, dan transparan, sehingga memberi kesempatan sama pada para siswa dari manapun untuk menjadi juara.

Peserta dan Peringkat Lomba

Peserta lomba kelas 5 ketika Apta masuk (login) di aplikasi lomba ada keterangan nama-nama dan asal sekolah yang mengikuti babak penyisihan. Jumlahnya 414 siswa kelas 5 dari berbagai provinsi. Di babak final diambil 50 peserta dengan nilai tertinggi dan waktu pengerjaan tercepat. Sejak semifinal hingga final peringkat Apta tidak berubah yaitu peringkat 3 berakhir di juara 3 di final. Hanya diambil tiga peserta dengan nilai tertinggi di babak final, juara 1, 2, dan 3. Tidak ada juara harapan.

Hadiah Lomba

Hadiah yang aku peroleh yaitu buku matematika GASING, paket DVD film dan pelajaran Sains, voucher bimbingan belajar, dan smart phone Android KitKat 4.4.2 merk Lenovo S650 (foto di kiri bawah). Hadiahnya benar-benar smart phone nyata yang bisa dipakai, bukan mainan, dan bukan PHP (Pemberi Harapan Palsu).

Oh ya beberapa waktu lalu setelah pelantikan Presiden dan ramai-ramainya dibicarakan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Apta dipanggil datang di kantor oleh seorang pejabat. Apta diantar oleh guru sekolah. Dikira akan mendapat KIP, ehh… ternyata dijanjikan akan mendapat sertifikat dan sejumlah uang. Apta telah menandatangani dokumen penerimaan uang, tapi entah kapan uang tersebut akan benar-benar diterima. Apta tidak tahu, kenapa kok tiba-tiba mereka punya ide memberi hadiah. Kalau dari baca tentang Apta di blog ini kok nampaknya tidak mungkin.

Nah, janji itu PHP atau bukan yang pasti hingga Desember ini telah melewati 2 bulan purnama, hadiah belum diterima juga. Bukan memandang nilainya sih, tapi memegang janjinya. Besarnya sih lumayan, cukup untuk beli paket hemat McD buat berempat. Tapi kalau buat beli ponsel Android paling murah pun, tidak cukup. Padahal jika uang itu diterima, Apta berencana traktir Adik bebek goreng. Kalau memang rezekinya, tidak ke mana-mana, nungguin hadiah yang tak kunjung datang, akhirnya terima hadiah smart phone dari Kompetisi GASING.

GASING2014

Update:

Setelah melewati tiga bulan purnama, hadiah uang diterima Apta bersama dengan diterimanya rapor semester gasal. Memang sempat was-was, lalu Apta menanyakan kepada guru, “Ust aku dulu tanda tangan untuk terima uang atau setor uang?”. Entah guru kami yang menanyakan kepada pihak yang akan memberikan hadiah atau memang sudah waktunya diterima, yang penting Apta telah menerima uang dengan potongan pajak penghasilan Pasal 21 sebesar 3%. Potongan 3% berarti uang tersebut bukan dibebankan sebagai hadiah, tetapi sebagai honor.

Dengan demikian niat traktir bebek goreng sekeluarga (Ayah, Bunda, Adik, Kakek, Nenek) terkabul. Foto Bebek Goreng Palupi Jalan Rungkut Asri Tengah no 10 Surabaya.

PALUPI

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Hasil Deret Bilangan Bulat
  2. KMNR 11 Tahun 2016
  3. American Mathematics Competitions
  4. Peraih Prize AMC 2014
  5. Hasil American Mathematics Competition-8 2014