Olimpiade Matematika Vektor Nasional

Lomba matematika paling bergengsi seindonesia yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi adalah Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN). OMVN dilaksanakan tahunan di bulan Oktober oleh Universitas Negeri Malang. Tema OMVN tahun 2013 “The Glory of Mathematics” dan tema tahun 2014 “Mathematics for Nation”.

Peserta yang dapat mengikuti OMVN adalah siswa tingkat SD, SMP, dan SMA. Setiap tahun, sekolah-sekolah dari beberapa kota besar terutama dari Pulau Jawa dan Bali yang siswanya sering ikut lomba, berbondong-bondong ikut OMVN. Kurang lengkap gelar juaranya jika belum memenangkan lomba OMVN. Beberapa sekolah yang punya tim olimpiade, datang full team di OMVN. Sekolah dari berbagai kota besar yang terkenal sebagai sekolahnya para juara olimpiade matematika, hadir pula di OMVN.

Kualitas soal-soal OMVN sangat bagus dan menarik, kualitas internasional dengan akurasi soal maupun jawaban yang bagus pula. Tidak dijumpai salah soal, salah jawaban karena kecerobohan tim pembuat soal, pada olimpiade ini. Kebenaran jawaban dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu penyelenggaraannya jujur, ini yang paling penting. Belum ada kasus konyol yang menimpa pelaksanaan OMVN seperti lomba pada kampus-kampus lainnya, misalkan jawaban dari peserta terselip, sehingga peserta tidak mendapat nilai, atau jawaban babak penyisihan dari peserta hilang di bus ketika dalam perjalanan sehingga satu rayon semua dimasukkan di babak semifinal.

Setiap tingkatan SD sampai SMA tidak dibedakan kelasnya. Jadi kita kelas 4 SD sudah bisa ikut lomba ini bersaing dengan kelas 5 dan 6. Setiap rayon diwakili minimum satu peserta juara rayon yang berhak ke babak final. Di samping itu peserta yang mampu meraih nilai di atas batas tertentu (passing grade) juga berhak ke babak final.

Ketika OMVN tahun 2013 (kelas 4) dan 2014 (kelas 5) Apta mampu melewati passing grade sehingga berhasil mencapai babak final. Sayangnya tahun ini tidak dapat ikut babak final, karena pada waktu yang sama dipanggil Surya Institute ikut karantina pembinaan di Tangerang untuk seleksi peserta Olimpiade Matematika tingkat Asia. Meskipun tidak lolos seleksi pada pemilihan peserta olimpiade tingkat Asia tersebut tapi pembinaan olimpiade selama tiga hari menambah banyak pengalaman dan pengetahuan bersama teman-teman kakak kelas. Download soal-soal ompimpiade matematika Vektro UM:

  1. Download soal babak penyisihan 2011 Olimpiade Matematika Vektor Universitas Negeri Malang, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  2. Download soal babak penyisihan 2012 Olimpiade Matematika Vektor Universitas Negeri Malang, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  3. Download soal babak penyisihan 2013 Olimpiade Matematika Vektor Universitas Negeri Malang, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive.

 Foto di bawah Babak Final OMVN tingkat SMA tahun 2013

VEKTOR2013

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Hari Keempat IMC Singapura
  2. Let’s Go to Singapore with MEC
  3. Tim Nasional ASMOPS 2015
  4. Gamepad – Komputer Rakitan
  5. Manfaat Belajar di Kumon