Pekan Matematika UB 2014

PEKAN MATEMATIKA Lingkar Studi Matematika Universitas Brawijaya 2014 (Pekan_Mat_UB) adalah Olimpiade dan Kompetisi Matematika SD/SMP Tingkat bagi siswa SD, SMP, dan SMA Sederajat tingkat Nasional baik Negeri maupun Swasta. Acara tahunan PekanMatUB sejak tahun 2012 ini diselenggarakan setiap bulan September.

Peserta PekanMat UB berasal dari berbagai kota terutama kota di Pulau Jawa dan sebagian kecil dari luar Pulau Jawa. Salah satu daya tarik mengikuti lomba matematika ini adalah peserta yang mencapai babak semifinal adalah siswa-siswa yang juga mengikuti lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional. Di antaranya Juara I PekanMat UB 2014 Stanve Avrilium Widjaja adalah peraih medali emas Olimpiade Matematika “The Clock Tower School” di Rumania pada Maret 2014. Aaron Alvarado Kristanto adalah peraih medali emas OSN tahun 2014. Sedangkan juara-juara yang lain juga mengikuti dan sebagian menjadi juara lomba matematika tingkat nasional. Hal ini menunjukkan bahwa PekanMat UB dipercaya kualitasnya oleh kalangan siswa.

Pengalaman Apta mengikuti PekanMat UB di tahun 2013 dan 2014 sampai di babak semifinal, dengan peningkatan prestasi tahun ini menjadi juara kelas 5 favorit, atau nilai tertinggi semifinal peserta kelas 5. Maklum Olimpiade tingkat SD diikuti kelas 4-6, dengan soal yang sama.

Juara Pekan Matematika UB tahun 2014 di bawah ini:

 No Nama Peserta Kategori
1 Stanve Avrilium Widjaja Juara I
2 Aaron Alvarado Kristanto J Juara II
3 Steven Adrian G. Juara III
4 Steven Christopher Handoko Juara Harapan I
5 Ferdinand Halim Santoso Juara Harapan II
6 Nicholas Patrick Juara Harapan III
7 Samuel Juara Bina I
8 Kandida E. Gunawan Juara Bina II
9 Adelia Putri Juara Bina III
10 Nadhif Al Rozin Kelas 4 Favorit
11 Nagata P. Aptana Kelas 5 Favorit
12 Muhammad Rizqi Tsani Kelas 6 Favorit
13 Abdillah Fatwa Shandy Juara Rayon Malang
14 Steven Adrian G. Juara Rayon Banyuwangi
15 Fitrawan Alfiansyah Juara Rayon Tulungagung
16 Aaron Alvarado Kristanto J Juara Rayon Surabaya
17 Affan Ramadhani Juara Rayon Banjarmasin
18 Faizol Malik Wijaya Juara Rayon Lamongan
19 Nagata P. Aptana Juara Rayon Bojonegoro
20 Steven Christopher Handoko Juara Rayon Semarang
21 Ferdinand Halim Santoso Juara Rayon Solo
22 Dafarel Fatih Wirayudha Juara Rayon Jember
23 Stanve Avrilium Widjaja Juara Rayon Jakarta
24 Ayu Komang Amanda Gunawan Juara Rayon Denpasar
25 Fakih Anugerah P. Juara Rayon Kediri
26 Beauty Valen Fajri Juara Rayon Madura
27 Kandida E. Gunawan Juara Rayon Makassar
28 Hamzah Abdurrahman Juara Rayon Madiun
29 Ryzky Ari Dwi Andika Juara Rayon Mataram
30 Nadhif Al Rozin Juara Rayon Probolinggo
31 Kinanti Wening Asih Juara Rayon Bandung
32 Saint John’s School BSD Juara Umum
33 SDK Tri Tunggal Semarang Sekolah Favorit

Acara Pekan Mat UB tahun ini sejak pukul 07.00 hingga 18.30. Babak semifinal dan Final SD dan SMP diselenggarakan pada hari yang sama. Babak semifinal menjawab secara tertulis antara SD dan SMP pada waktu yang sama. Dilanjutkan dengan babak final dengan waktu yang berbeda antara SD dan SMP. Peserta babak final hanya tiga peserta dengan nilai tertinggi di babak semifinal. Babak final untuk menentukan urutan juara 1, 2, dan 3 sedangkan juara harapan ditentukan berdasarkan nilai semifinal.

Soal-soal babak final ditampilkan oleh proyektor di layar dari komputer panitia kemudian peserta menjawab dengan cara rebutan siapa yang lebih dulu menekan bel berhak menjawab. Namun jika jawaban salah nilai akan dikurangi.

Sebagian soal-soal babak final Pekan Mat UB 2014 yang harus dijawab dalam hitungan waktu detik adalah berikut ini:

  1. Hitung ada berapa cara orang 2 Sulawesi, orang 3 Jawa dan orang 3 Madura dapat duduk mengelilingi sebuah meja bunda dengan ketentuan oarng-orang dari asal yang sama harus duduk berdekatan!
  2. Dua buah dadu bermata enam dilempar sekaligus. Peluang munculnya mata dadu berjumlah 6 adalah…
  3. Jika barisan bilangan berikut adalah barisan bilangan bulat positif berurutan yang dihilangkan semua bilangan kelipatan tiga: 1,2,4,5,7,10,11,13,14,… Maka suku ke-67 dari barisan tersebut adalah…
  4. Di antara 50 siswa dalam kelas ada berapa siswa yang lahir pada hari yang sama?
  5. Sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku membentuk barisan aritmetika. Jika sisi terpendeknya adalah 21 cm, maka sisi terpanjangnya adalah…
  6. Suku ke-9 dari barisan 2187,729, 243, … adalah …
  7. A adalah pecahan. Jika pembilang ditambah 12 maka A = 5 dan jika penyebut dikurangi 2 maka A = 3, maka berapakah nilai A2?
  8. Jika a adalah hasil penjumlahan 7 bilangan prima pertama dan b adalah hasil penjumlahan faktor-faktor prima dari 14. Berapakah selisih dari a dan b?
  9. Tanggal 4 Januari 2014 adalah hari Sabtu. Tentukan hari apakah setelah 125 hari dari tanggal tersebut!
  10. Sholeh berangkat dari kota A ke kota B dengan kecepatan 40 km/jam pada pukul 09.15 WIB. Kemudian pada pukul 10.45 Anton menyusul Sholeh dengan kendaraan berkecepatan 50 km/jam. Pada jam berapa Anton bertemu dengan Sholeh?
  11. Sepuluh buah kartu diberi nomor 1 sampai 10. Kartu dikocok, kemudian diambil 1 buah kartu secara acak. Peluang terambilnya kartu dengan nomor yang habis dibagi 2 tetapi tidak habis dibagi 4 adalah…
  12. Ibu membeli buah jeruk sebanyak 42 buah, 35 buah manggis dan 26 buah rambutan. Buah-buahan tersebut akan diberikan kepada anakya. Berapa banyak anak (maksimal) agar jeruk, manggis dan rambutan terbagi kepada anaknya secara adil dan sama rata?
  13. The weight of 3 apples and 2 oranges is 255g. The weight of 2 apples and 3 oranges is 285 g. Each apple weighs the same and each orange weighs the same. How many grams are the combined weight of 1 apple and 1 orange?

Apabila teman-teman akan mengikuti Pekan Mat UB 2015, untuk latihan dapat mengunduh soal-soal di bawah. Cara agar dapat download, lihat di menu download. Syarat download wajib punya akun Facebook, Google+ atau Tweeter, punya anda, teman, kakak, adik, om, tante, kekek,nenek, atau siapa saja. Nah, kalau tidak punya akun media sosial tersebut bagaimana? Ya silakan datang langsung ke rumah kami dengan membawa flash disk dan seekor ayam kampung goreng serta 5 buah pisang raja yang masak untuk dimakan bersama. Jika tidak bisa melengkapi syarat (ubo rampe) di atas, maka tidak usah menunggu dibagikan hak akses download. :-D.

Situs ini adalah situs berbagi, jika kalian belum berbagi kepada orang lain, tidak akan dapat bagian file dari situs ini. Hukum berbagi adalah WAJIB. Jadi jika tidak mendapat hak akses, jangan nangis guling-guling ya… 😳 

  1. Download soal babak penyisihan 2012, Pekan Matematika Universitas Brawijaya, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  2. Download soal babak semifinal 2012, Pekan Matematika Universitas Brawijaya, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  3. Download soal babak penyisihan 2013, Pekan Matematika Universitas Brawijaya, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  4. Download soal babak semifinal 2013, Pekan Matematika Universitas Brawijaya, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  5. Download soal babak penyisihan 2014, Pekan Matematika Universitas Brawijaya, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive;
  6. Download soal babak semifinal 2014, Pekan Matematika Universitas Brawijaya, Sharing by Gmail accounts, GoogleDrive.

Oh ya, waktu lomba yang panjang, pagi hingga petang teman-teman perlu persiapkan makanan kecil maupun makan sore karena di dalam kampus UB tidak ada yang berjualan makanan dan minuman. Memang di pagi hari ada yang berjualan makanan, tetapi setelah siang hari sudah habis, sehingga satu-satunya jalan adalah dengan membeli di luar lingkungan kampus. Untuk makan siang, peserta mendapat makanan dari panitia, yang dibagi setelah selesai semifinal pukul 10.30. Nah, pukul 16.00 acara belum selesai juga, pasti lapar kan?

Caranya mengatasi masalah kelaparan dan kehausan. Setelah babak semifinal hingga diumumkan tiga peserta yang masuk final ada waktu luang 2-3 jam. Waktu tersebut oleh penyelenggara lomba diisi dengan hiburan, game untuk peserta. Nah peserta maupun pengantar lomba dapat menggunakan untuk belanja persediaan makanan dan minuman, karena acara berakhir di petang hari.

Kemana tempat belanja terdekat dan terlengkap? Mall terdekat dari kampus yaitu Malang Town Square (Matos), dari lokasi lomba ke arah jalan Veteran lalu belok kiri (ke arah timur). Di Matos di antaranya ada KFC, food court, Gramedia, dan Matahari Department Store. Tidak terlalu jauh, tidak lebih 2km saja kok.

PEKANMAT-UBFoto kiri, dari kanan yang memegang piala juara I, II, III tingkat SD. Foto kanan atas dan kanan bawah acara hiburan dan game setelah babak semifinal.

Pembahasan Babak Penyisihan Pekan Matematika UB tahun 2014 silakan baca dokumen di bawah ini:

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Gamepad – Komputer Rakitan
  2. Hari Kedua IMC Singapura
  3. VGA – Komputer Rakitan
  4. Motherboard – Komputer Rakitan
  5. Prize Giving IMC