IMAS 2014

International Mathematics Assessments for Schools (IMAS) didirikan pada tahun 2011 oleh Prof. Zhu Hua Wei (Guangzhou University, China), Prof. Sun Wen Hsien (Chiu Chang Math Education Foundation, Taiwan), dan Dr. Simon Chua (Presiden Mathematics Trainers Guild Filipina). Sabtu, 30 Nopember 2013 (babak 1) adalah tahun ketiga kompetisi IMAS. Besarnya biaya IMAS pada tahun 2013-2014 tidak ditentukan, namun mengisi pada kotak senilai seikhlasnya sebelum lomba berlangsung.

IMAS lomba untuk siswa SD dan SMP yang diselenggarakan dalam dua babak (round 1 dan round 2) dalam kurun waktu kurang lebih 60 hari. 5-10 persen dari seluruh peserta di setiap negara yang meraih nilai terbaik dapat mengikuti babak 2. Babak 1 peserta diberikan 25 soal dan 15 soal di babak 2 dalam bahasa Inggris. Peserta boleh membuka kamus bahasa Inggris pada saat lomba setelah kamusnya diperiksa oleh pengawas lomba, namun tidak boleh membawa kalkulator.

Nilai tertinggi setiap tingkatan kelompok kelas lomba di setiap negara pada babak 2 berhak mengikuti math camp di luar negeri. Tingkatan kelas lomba terdiri dari: Middle Primary (kelas 3 dan 4) Upper Primary (kelas 5 dan 6) Junior Secondary (kelas 7 dan 8).

Tujuan IMAS adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam tiga dimensi kognitif, pengetahuan, penerapan, dan penalaran matematika. Di samping itu dengan mengikuti IMAS akan mengetahui cara pembelajaran matematika yang efektif dan mengetahui prestasi/kinerja siswa dari perspektif internasional, berdasarkan hasil tes yang diselenggarakan oleh lembaga yang diakui publik (diselenggarakan di beberapa negara dan disetujui kementerian). Negara yang mengikuti IMAS di antaranya: Bulgaria Cina, Filipina, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, danThailand.

Elvira dari Kemendikbud sebagai dewan eksekutif IMAS menandatangani sertifikat. Kementerian Pendidikan Thailand, Dr. Pramote Kajornpai juga sebagai anggota dewan eksekutif IMAS. Di samping itu beberapa Profesor dari Canada, China, Hong Kong, Taiwan, dan Bulgaria tercatat menjadi pengurus IMAS.

Hasil IMAS tahun 2013-2014 di babak 2, kelas 4 dari sekolah kami mengirimkan Apta, Rendy, dan Vavan yang pada babak 1 meraih High Distinction, sehingga berhak ikut babak berikutnya.

Pengumuman IMAS babak 2 (round 2) yang ditunggu-tunggu filenya ditemukan karena bertanya pada paman Google dan file terindek, di situs KPM. Setelah unduh file lalu mengonfirmasi ke KPM, eee ternyata benar. Kami diminta mengirimkan alamat pengiriman medali dan sertifikat IMAS 2014. Apta segera ingin tahu medalinya dan dipilihlah JNE sebagai kurirnya. File di-upload ulang agar teman-teman yang belum tahu dapat melihatnya.

Pengumuman IMAS 2014 babak 2 tahun 2013-2014 file pdf lihat di sini dan unduh di sini.

IMAS SILVER MEDAL

IMAS SILVER MEDAL

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. KMNR 9 Tahun 2014
  2. Olimpiade Matematika Tingkat Nasional Terbaik
  3. American Mathematics Competitions
  4. KMNR 11 Tahun 2016
  5. OMITS 2016