Manfaat Belajar di Kumon

Hampir tiga tahun lalu ketika Apta jalan-jalan melewati jalan dr Wahidin Sudirohusodo di Yogyakarta, melihat tempat les Kumon yang memasang iklan uji coba gratis. Pada saat itu Apta mencoba uji coba gratis pelajaran matematika, kemudian melanjutkan les Kumon hingga sekarang. Setahun kemudian Apta menambah les bahasa Inggris di Kumon juga.

Apta mendapat pengalaman belajar di Kumon yang asyik dan tidak membosankan karena tidak hanya mengerjakan materi pelajaran pada tingkatan kelas di sekolah. Apta tidak mengulangi pelajaran di sekolah, tetapi setelah melewati level kelas Apta lalu  mengerjakan soal-soal di atas level kelas Apta sendiri. Setiap hari sepanjang tahun mendapat PR dengan materi yang baru yang semakin meningkat sesuai pencapaian prestasi belajar.

Kumon juga memudahkan Apta mengerjakan soal-soal matematika dan bahasa Inggris selesai lebih cepat. PR Kumon setiap hari membuat Apta disiplin dan menjadikan latihan matematika yang manfaatnya sangat terasa pada saat mengerjakan soal-soal olimpiade. Apta bisa karena terbiasa mengerjakan PR Kumon.

Level Apta pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris di Kumon di atas level kelas yang saat ini Apta kelas 4 SD. Untuk menguji apakah Apta memang benar-benar bisa mengerjakan pelajaran matematika kakak kelas Apta, Apta mengikuti lomba matematika tingkat nasional di Malang. Peserta di babak penyisihan ribuan anak SD dari berbagai provinsi. Lomba tersebut tidak dibedakan tingkatan kelas, pesertanya kelas 3 hingga kelas 6 dengan soal yang sama. Lomba yang diselenggarakan Universitas Brawijaya pada 28 September 2013 Apta mencapai babak semifinal. Sedangkan lomba yang diselenggarakan Universitas Negeri Malang, Olimpiade Matematika Vektor Nasional Apta mencapai babak final. Pengalaman menarik pada olimpiade Vektor ini adalah soal-soal berkualitas olimpiade dan nama-nama peserta yang ikut sering muncul dan menang di lomba-lomba nasional maupun nasional, jadi keren abis.

Bahasa Inggris Apta juga bermanfaat untuk mengikuti lomba dengan soal-soal berbahasa Inggris tingkat internasional. Di antaranya International Mathematics Assessments for Schools (IMAS) dan American Mathematics Competitions 8 tahun 2013 (AMC 8). IMAS round 1 Apta mendapat High Distinction dan AMC 8 Third Place (bronze). AMC 8 adalah lomba untuk kelas 8 dan di bawahnya dengan soal yang sama, jadi Apta melewati 4 level kelas Apta jika ikut AMC 8. Untung Apta bisa mengerjakan soalnya dan mendapat penghargaan. Bahkan Apta berhak mendapat undangan mengikuti AMC 10 (kelas 10), namun Apta tidak mengikuti lombanya. Itulah manfaat bahasa Inggris dari belajar di Kumon.

Pada bulan Desember 2013 di Supermall Surabaya Convention Center (SSCC) dengan tema Keep On Moving for Bright Future Apta bersama teman-teman mendapat penghargaan berupa piala Advanced Student Forum (ASF). Piala ASF diberikan apabila siswa Kumon telah mencapai lima tingkatan atau lebih di atas tingkatan pelajaran di kelasnya. Kali ini Apta mendapat dua piala atas pelajaran matematika dan bahasa Inggris. Cita-cit Apta belajar di Kumon adalah mencapai Completer sehingga Apta akan mudah mengerjakan soal-soal matematika dan bahasa Inggris di kelas selanjutnya hingga Apta kuliah di universitas.

KUMON ASF 2013

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Kegiatan IMSO 2015
  2. Karantina IMC 2013
  3. Memilih Sekolah Berintegritas
  4. OSN Math SD JATIM 2015
  5. PSU – Komputer Rakitan