Kangaroo Contest

Apa sih Kangaroo Contest?

Jika mendengar kata Kangaroo otak kita diasosikan dengan hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia) di bawah perutnya. Kata kangaroo berasal dari bahasa suku Aborigin di Australia “Kang-Ga-Roo” yang artinya “Saya tidak mengerti!”. Nah, Kangaroo Contest ini bukan kontes kecantikan atau kelincahan hewan Kanguru lho, tapi lomba matematika.

Pada tahun 1980-an Peter O’Holloran, guru matematika di Sydney mengadakan kontes matematika di sekolah Australia. Kontes ini kemudian dikenal dengan Australian Mathematical National Contest. Tahun 1991 kontes matematika Math Kangaroo dilaksanakan juga di Perancis atas lisensi dari Australia. Dalam beberapa tahun kemudian meluas ke 20 negara-negara di Eropa. Kangaroo Contest di Kanada pertama kali pada tahun 2001 di kota Ottawa dan berlanjut tiap tahun hingga kini. Hingga sekarang kontes ini makin populer dan diikuti oleh jutaan siswa dari lebih 46 negara.

Peserta yang dapat mengikuti kontes matematika ini kelas 1 sampai 12. Kelompok peserta: Grade 1-2 (Pre Ecolier), Grade 3-4 (Ecolier), Grade 5-6 (Benjamin), Grade 7-8 (Cadet), Grade 9-10 (Junior), dan Grade 11-12 (Student). Soal-soalnya pilihan ganda, 25-30 soal dengan waktu 75 menit. Pelaksanaan lomba tahunan ini pada minggu ketiga bulan Maret yang nilainya diumumkan sebulan kemudian. Pemegang lisensi lomba ini di Indonesia oleh Surya Institute. Tahun 2014, kota tempat lomba, Medan, Pekanbaru, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Timika.

Tahun ini Apta pertama kali ikut Kangaroo Contest dan menempati peringkat 3 Nasional (National Top 10) yang tesnya dilaksanakan di Xin Zhong School Kawasan Pakuwon City Surabaya. Result of the International Mathematical KANGAROO Contest 2014, selengkapnya di sini. Gedung sekolah dan fasilitas sekolahnya keren abis, numpang foto selfi Ahh...

Kangaroo

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. KMNR 11 Tahun 2016
  2. Peraih Prize AMC 2014
  3. OMITS 2015
  4. OMITS 2016
  5. Hasil Deret Bilangan Bulat