Jejak Pesawat Terbang Berekor Putih

Pernahkah kalian melihat pesawat yang terbang tinggi di langit yang cerah di belakangnya ada jejak ekor putih seperti asap yang mengikuti lintasan pesawat? Apakah ekor putih tersebut sisa pembakaran mesin pesawat yang keluar dari knalpot?

Gejala keluarnya ekor putih di belakang pesawat, di Indonesia umumnya terjadi pada musim kemarau ketika langit biru dan suhu udara di angkasa yang dilintasi pesawat sangat dingin. Ketika pesawat masih terbang rendah, di belakangnya tidak ada ekor putih yang seperti asap, padahal konsumsi bahan bakar (avtur) lebih banyak ketika pesawat terbang rendah. Nah, kalau begitu ekor putih tersebut bukan asap dong…

Jejak ekor putih yang mengikuti lintasan terbang pesawat adalah akibat dari perbedaan suhu pesawat, uap dari pembuangan pembakaran yang panas dan udara di sekitar lintasan yang sangat dingin. Sisa pembakaran pesawat menghasilkan uap air, sedangkan suhu sekitarnya lebih dingin. Uap air  terkondensasi dengan cepat menjadi bentuk butiran-butiran kecil kristal es pembentuk awan putih akibat perbedaan suhu tersebut.

Gejala yang mirip terjadi ketika kita berada di daerah yang dingin, misalkan di pegunungan pada pagi hari. Ketika mengeluarkan nafas dari mulut, udara yang keluar dari mulut membentuk aliran udara putih seperti asap. Penyebabnya karena suhu udara panas yang keluar dari tubuh kita terkondensasi oleh suhu lingkungan sekitar yang dingin.

Suhu udara yang dingin di angkasa pada ketinggian tertentu yang dilintasi pesawat dapat mengakibatkan es menempel bagian-bagian pesawat. Es yang terbentuk dapat membahayakan proses penerbangan. Untuk menghindarinya, sebelum es terbentuk, pesawat dilengkapi dengan perangkat anti-ice. Anti-ice merupakan perangkat pemanas untuk memanaskan bagian-bagian penting pesawat, dapat dipasang di sayap (wing anti-ice), mesin (engine anti-ice) atau bagian lainnya.

Nah dengan demikian ekor putih yang mengikuti lintasan pesawat adalah bukankah polusi asap sisa gas buang pesawat. Tetapi uap air yang terkondensasi menjadi kristal-kristal es berwarna putih.

pesawat-ekor-putih

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Mengapa Awan Tidak Jatuh?
  2. Mengapa Pesawat Terbang Butuh Landasan Panjang?
  3. Olimpiade Sains Kuark 2016
  4. Science Comic: Why?
  5. Casing – Komputer Rakitan