Let’s Go to Singapore with MEC

Hobi Apta pada matematika kali ini membawa Apta ke Singapura bersama Klinik Pendidikan MIPA (KPM) atau Mathematics Education Clinic (MEC). Kisah proses seleksi peserta yang dapat mengikuti International Mathematics Contest (IMC) 2013 di Singapura cukup panjang.

Pertama Apta mengikuti babak penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-8 yang diselenggarakan oleh KPM di tingkat kabupaten/kota. Peserta babak penyisihan sejumlah 30.816 yang berasal dari kelas 3 sampai 11. Pada babak penyisihan Apta termasuk di antara 6.240 peserta sehingga berhak mengikuti babak semifinal di tingkat provinsi dan Apta mengikutinya di Surabaya. Setelah mengikuti babak semifinal nam Apta juga tercantum di antara 1.070 peserta babak final yang diselenggarakan di Bogor.

Berikut ini liputan perjalanan menuju babak final KMNR di Bogor. Foto kiri atas sehari sebelum final yaitu hari Sabtu 20 April 2013 Apta mengikuti Singapore and ASEAN Schools Math Olympiads (SASMO) 2013 yang diselenggarakan di IPH Schools Surabaya. Dari kampus IPH Apta langsung menuju Bandara Juanda (foto kanan atas ) dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Syukurlah lomba SASMO 2013 Apta meraih medali emas kelompok kelas 3 sekolah dasar.

kmnr

Apta sampai di Bandara Soekarto-Hatta malam hari dan tiba di Bogor larut malam. Perjalanan dari Bandara dengan mobil menuju Bogor melalui kota Tangerang – Serpong – Parung Bogor yang jalannya banyak berlubang sungguh lama dan melelahkan. Tanggal 21 April 2013 pagi Apta sudah tiba di tempat lomba yaitu Gedung Olah Raga Balai Pelatihan milik Kementerian Perhubungan (foto kiri bawah). Apta segera mencari kursi yang sesuai dengan nomor tanda peserta dan berbaur dengan para peserta yang telah memenuhi gedung (foto kanan bawah).

departure

Pada final KMNR 8 di Bogor Apta meraih medali perak, namun Apta berhak mengikuti pelatihan dan seleksi IMC 2013 di Surabaya. Dari tes seleksi dan wawancara Apta mendapat kesempatan mengikuti IMC 2013 di Singapura. Apta senang sekali. Pada tanggal 28 Juli 2013 pukul 05.30 WIB Apta diantar adik, ayah, bunda, kakek, dan nenek ke Bandara Juanda untuk mengikuti pelatihan persiapan Australian Mathematics Competition (AMC) 2013 dan  IMC 2013 di Sentul Bogor. Apta bertemu dengan rombongan KPM Surabaya dengan tujuan sama dan harus berpisah dengan keluarga selama sepuluh hari (foto kiri atas).

 Apta segera bergabung dengan teman-teman rombongan KPM dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta (foto kanan atas). Apta menarik koper sendiri berisi baju dan perlengkapan lain untuk kebutuhan sepuluh hari (foto kiri bawah). Antrian penumpang di pintu karena menunggu giliran barang bawaan dipindai dengan Scanner X-Ray (foto kanan bawah). Maklum koper teman-teman yang masih duduk di sekolah dasar ini sangat berat untuk diangkat sendiri ke meja Scanner. Lagi pula mereka tidak didampingi oleh orang tuanya, tetapi dibantu satu pendamping dari setiap 11 peserta. Mari pergi ke Singapura bersama KPM!!!

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Headset – Komputer Rakitan
  2. Kegiatan IMSO 2015
  3. Hari Pertama IMC Singapura
  4. HDD dan SSD – Komputer Rakitan
  5. RAM – Komputer Rakitan