Mengapa Langit Cerah Berwarna Biru?

Pada siang hari saat kita berdiri di pantai yang air lautnya jernih dan langit cerah dapat melihat pemandangan warna langit dan laut biru. Apakah warna biru langit merupakan pantulan dari warna air laut? Atau justru sebaliknya, warna biru air laut merupakan pantulan warna langit.

Ketika langit berawan warna putih apakah warna laut akan berubah menjadi putih pula. Ternyata tidak. Dengan demikian warna biru laut atau langit bukan dari pantulan warna langit atau laut. Oh ya, sifat air dan udara meneruskan cahaya bukan memantulkan cahaya seperti jenis benda padat. Bukti lain, warna air yang danau jernih tetap biru ketika cuaca sedang berawan. Jika warna tidak biru, tapi hijau mungkin saja danau tersebut banyak ganggang hijau. Sedangkan jika warnanya putih susu mungkin saja karena lumpur yang  mengakibatkan keruh, tetapi bukan pantulan warna awan di langit.

Warna langit pada hari yang cerah tidak selamanya biru. Pada saat matahari terbit dan terbenam warna langit akan berubah menjadi warna-warni yang dominan warna merah. Warna langit dapat pula abu-abu jika di langit banyak partikel debu dan asap kendaraan yang biasanya terjadi di atas langit kota-kota besar.

Apa penyebab warna langit biru?

Langit di atas bumi diselimuti oleh atmosfir. Atmosfer terdiri dari banyak macam molekul gas, di antaranya argon, karbondioksida, nitrogen, oksigen, dan uap air maupun debu dalam bentuk partikel kecil. Sinar matahari yang berwarna putih pada saat melewati atmosfir akan terjadi gejala penguraian atau pembiasan warna (dispersi). Terjadinya hamburan spektrum warna cahaya yang semula putih setelah melewati bidang prisma, kemudian terurai menjadi spektrum cahaya karena panjang gelombang masing-masing warna berbeda. Partikel udara dan uap air yang ada di langit berfungsi layaknya bidang prisma yang menguraikan cahaya.

Warna-warna sinar dengan gelombang sinar lebih panjang misalkan kuning dan merah akan diteruskan menembus sekumpulan uap air dan gas. Sedangkan warna biru yang memiliki gelombang sinar pendek akan dipendarkan ke seluruh arah sehingga mendominasi warna langit/atmosfir. Perpendaran cahaya biru ketika melewati bidang prisma inilah yang mengakibatkan warna langit dan air laut/danau dominan biru pada siang hari.

langit-biru

Artikel lain yang terkait dengan artikel sedang dibuka:

  1. Jejak Pesawat Terbang Berekor Putih
  2. Science Comic: Why?
  3. Mengapa Pesawat Terbang Butuh Landasan Panjang?
  4. Olimpiade Sains Kuark 2016
  5. Mengapa Awan Tidak Jatuh?